Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera,

Om Swastiastu,

Namo Budaya,

dan Salam Kebajikan.

Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmatNya kita dapat menyaksikan kembali karya-karya mutakhir Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), dalam rangka pameran dan penayangan karya tahunan dalam kegiatan “Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK) #13”. Penyelenggaraan JMMK #13” juga sekaligius sebagai penanda peringatan 28 tahun kelahiran FSMR ISI Yogyakarta. Pameran dan penayangan karya-karya FSMR yang bertema “Disrupsi Seni Media Rekam di era New Normal” yang dilaksanakan di FIAP Exhibition Center, Galeri Pandeng, FSMR ISI Yogyakarta, juga merupakan strategi khusus untuk menampilkan dan mengkritisi karya-karya dari era New Normal pada masa pademi covid-19. 

Dengan semangat tema “Disrupsi Seni Media Rekam di era New Normal “ yang diangkat, pameran  diharapkan dapat mendisrupsi (mengganggu) dengan kritis karya-karya fotografi, program televisi, video art dan film, serta animasi  yang mengekspresikan berbagai problem masa New Normal dari kondisi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia maupun dunia. Keragaman karya yang ditampilkan tentu merupakan representasi semangat zaman dari pengalaman masa pandemi dalam multi dimensinya. Oleh karena itu, pameran dan penayangan ini diharapkan dapat menampilkan karya-karya tersebut dengan strategi dan siasat yang unik dalam mewujudkannya. Dengan demikian pameran ini akan membuka proses dialektika pemikiran maupun diskusi pada potensi-potensi media, terlebih dalam ranah industri kreatif di Indonesia maupun dunia, walaupun masih terhalang berbagai kendala dalam masa pandemi.

Pameran yang dilaksanakan sebagai agenda tahunan ini sekaligus bertujuan sebagai pertanggungjawaban pada publik atas proses pendidikan yang dilakukan pada setiap tahunnya. Dalam kegiatan “JMMK #13”  diharapkan para dosen dan mahasiswa FSMR, dari Program Studi Fotografi, Televisi dan Film, serta Animasi juga dapat melakukan interaksi yang produktif dengan para seniman dan akademisi dari luar.  Dengan demikian akan terbangun perbandingan yang konstruktif dari pencapaian para dosen dan mahasiswa dengan berbagai institusi partner dan para profesional. Dalam tradisi kegiatan tahunan ini, para partner tersebut adalah BKS PTS Indonesia, UiTM Selangor Malaysia, VCA University Melbourne Australia, Esterhazy Karoly University Hungaria, dan para kolega professional serta alumni FSMR dari berbagai bidang seni media rekam. Dengan tradisi dan pencapaian-pencapaian tersebut maka pameran dan penayangan “JMMK #13” merupakan agenda unggulan dan sangat bermakna bagi FSMR ISI Yogyakarta.

Demikianlah, pameran dan penayangan karya tahunan FSMR “JMMK #13” ini, diharapkan dapat merepresentasikan nilai-nilai multidimensi kehidupan pada masa New Normal dalam pandemi corona. Dengan semangat disrupsi yang kritis diharapkan penyajian karya-karya yang tampil tetap terjaga semangat kreatif dan inovatifnya, serta semakin kuat mengakselerasi penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi secara produktif. Terima kasih disampaikan kepada para pimpinan FSMR ISI Yogyakarta yang telah memfasilitasi pameran. Demikian juga kepada para peserta pameran, panitia, maupun segenap sivitas akademika ISI Yogyakarta yang telah memberi bentuk akhir dalam mewujudkan karya bersama.

Terima kasih dan salam budaya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera,

Om Santi, Santi, Santi, Om.

     

Rektor ISI Yogyakarta

Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum.

Home – JMMK#13
Sambutan Rektor ISI Yogyakarta

Sambutan Dekan FSMR
Kuratorial Program Studi Fotografi
Karya Program Studi Fotografi
Kuratorial Program Film dan Televisi
Karya Program Film dan Televisi
Kuratorial Program Animasi
Karya Program Animasi

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianSpanish