Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera, Om Swastiastu, Salam Budaya.

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Pameran dan Penayangan Seni Media Rekam “Jalan Menuju Media Kreatif #13” yang dilaksanakan secara virtual di laman Galeri Pandeng FSMR ISI Yogyakarta pada tanggal 28 Oktober – 15 November 2021 ini dapat terselenggara dengan baik.

Pada tahun ini kegiatan JMMK #13 bertepatan dengan 27 tahun kelahiran FSMR ISI Yogyakarta, diselenggarakan di masa pandemi Covid-19. Maka, banyak hal ‘baru’ yang dilakukan dalam upaya tetap produktif dan kreatif di tengah berbagai pembatasan. Melakukan terobosan untuk mengantisipasi kondisi melalui ‘kenormalan baru’. Salah satu yang dilakukan ialah mengupayakan dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan berbagai program untuk memenuhi indikator kinerja sebuah lembaga pendidikan, salah satunya melalui penyelenggaraan JMMK dalam format yang berbeda dengan memanfaatkan teknologi internet. Pelaksanaan JMMK kali ini mengusung tema ‘Disrupsi Seni Media Rekam di Era New Normal’. Pemilihan tema itu dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa FSMR ISI Yogyakarta bersama seluruh sivitas akademika di dalamnya siap dengan perubahan zaman, termasuk pada perubahan zaman yang disebabkan oleh sebuah pandemi. Kondisi pandemi saat ini tampak mulai menunjukkan penurunan dan kecenderungan terkendali. Hal ini patut disyukuri, dan dijaga dengan harapan, kita semua segera terbebas dari belenggu pandemi dan dapat memulai kehidupan yang lebih produktif dalam kerangka new normal. Ada hal baru dalam JMMK kali ini, yaitu pemanfaatan web dan aplikasi berbasis android sebagai media presentasi karya. Hal ini dilakukan demi memudahkan seluruh stakeholder FSMR ISI Yogyakarta untuk mengakses dan menikmati karya-karya yang disajikan.Terobosan tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk memperluas distribusi karya, diseminasi, dan pengarsipan karya secara digital yang berbasis pada teknologi internet dan cloud computing. Aplikasi JMMK dapat diunduh melalui Google Playstore dengan kata kunci JMMK.

Kegiatan pameran dan penayangan akademik ini sebagai bentuk pertanggungjawaban implementasi tridharma pendidikan tinggi khususnya bagi civitas academica FSMR ISI Yogyakarta kepada masyarakat dan penguatan pengembanganan keilmuan bidang seni media rekam khususnya fotografi, film, dan televisi, animasi dan game serta sebagai indikator kualitas proses belajar-mengajar di Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta. Sejak tahun 2020 yang lalu, FSMR ISI Yogyakarta menetapkan target bahwa JMMK harus menghasilkan luaran utama berupa dokumen KI (Kekayaan Intelektual) dari karya-karya pilihan dan Buku ber- ISBN. Langkah itu dilakukan guna meningkatkan indikator kinerja lembaga FSMR ISI Yogyakarta yang berada di bawah ISI Yogyakarta dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Selalu ada peningkatan dalam pelaksanaan JMMK. Pameran dan penayangan Seni Media Rekam JMMK merupakan program tahunan yang diselenggarakan FSMR ISI Yogyakarta sejak tahun 2009 diikuti oleh Program Studi Fotografi, Film dan Televisi, serta sejak tahun 2014 juga diikuti oleh Program Studi Animasi. Pameran dan penayangan akan menampilkan karya fotografi, program televisi, video- art, film dokumenter, film cerita, film film animasi, game, karya IP (Intellectual Property), komik strip, storyboard, ilustrasi, dan desain elementer dari dosen dan mahasiswa di lingkungan FSMR ISI Yogyakarta maupun karya-karya tamu yang setiap tahun selalu diundang berpartisipasi dari berbagai perguruan tinggi seni dengan program studi media rekam yang tergabung dalam BKS-PTSI (Badan Koordinasi Seni Perguruan Tinggi Seni Indonesia) Asosiasi Program Studi Fotografi Indonesia, Asosiasi Program Studi Film dan Televisi Indonesia, para kolega profesional Fakultas Seni Media Rekam, dan para tamu dari perguruan tinggi sejenis di luar negeri yang menjalin kerjasama dengan FSMR ISI Yogyakarta, seperti Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Canberra Institute of Technology, Royal Melbourne Institute of Technology Australia, University of Tasmania Australia, Targus University of Art dari Rumania.

Diharapkan pameran dan penayangan ini dapat menjadi penguatan lembaga pendidikan media rekam dalam mengaktualisasikan dan mengimplementasikan tujuan dan manfaat Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang menjadi kebijakan pemerintah pusat. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk mempererat konektivitas kolektif keluarga besar FSMR ISI Yogyakarta sebagai abdi negara, serta sebagai bentuk tanggung jawab FSMR ISI Yogyakarta terhadap pengembangan karya dan pengembangan ilmu media rekam.

Sebagai penutup tidak lupa diucapkan rasa terima kasih kepada Rektor ISI Yogyakarta yang telah memberi sambutan pameran ini, para peserta pameran dan penayangan yang telah mempersiapkan dan mengirimkan karyanya untuk mengikuti pameran ini, serta para panitia yang telah bekerja keras, penuh kreativitas dan inovasi dalam menyelenggarakan pameran ini. Akhirnya, semoga pameran dan penayangan ini berdampak positif terhadap kemajuan pendidikan seni di era revolusi industri 4.0. Tetap kreatif di tengah pandemi! Aamiin…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Om Santi Santi Santi Om, Salam Budaya

Dekan FSMR, ISI Yogyakarta

Dr. Irwandi, M.Sn.

Home – JMMK#13
Sambutan Rektor ISI Yogyakarta
Sambutan Dekan FSMR
Kuratorial Program Studi Fotografi
Karya Program Studi Fotografi
Kuratorial Program Film dan Televisi
Karya Program Film dan Televisi
Kuratorial Program Animasi
Karya Program Animasi

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianSpanish