Sambutan Dekan Fakultas Seni Media Rekam

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera

Om Swastiastu

Namo Budaya

Pandemi Covid-19 masih mendera, memaksa kita untuk melakukan berbagai penyesuaian dalam berkehidupan. Tidak terkecuali dalam pelaksanaan Dies Natalis ke-37 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di lingkungan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR). Kebangkitan Seni di Era New Normal merupakan tema besar Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta 2021. Tema tersebut sangat faktual dengan kondisi yang sedang dihadapi manusia saat ini, yang harus bangkit menuju tatanan kehidupan yang ‘baru’.  FSMR, ISI Yogyakarta merespons tema besar tersebut dengan mengusung subtema ‘Rebirth, Reform, Revival‘. Melalui subtema tersebut FSMR, ISI Yogyakarta menebarkan sebuah semangat melakukan refleksi untuk tetap optimistis dan berorientasi ke depan, dengan perubahan besar dalam membangun negeri melalui lembaga pendidikan formal di bidang seni media rekam. Kondisi luar biasa yang dihadapi saat ini merupakan sebuah pelajaran besar bagi seluruh civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta untuk bertransisi, berproses menuju kultur baru dalam bekerja dan berkarya.

Pameran dan penayangan ini dilakukan secara luring terbatas. Hal ini dilakukan sebagai bentuk semangat untuk bangkit dan tetap produktif dalam masa transisi untuk menyongsong era baru yang semakin menantang. Memang tidak mudah, tetapi harus dilakukan. Terlebih insan pendidikan menghadapi kondisi pandemi yang bersamaan dengan reorientasi pendidikan nasional melalui kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Kondisi ini menuntut seluruh civitas academica untuk dapat bekerja cepat, efektif, efisien, dan mendapatkan hasil yang optimal. Hal demikian tentu perlu disikapi melalui penyiapan sumber daya manusia (SDM), prasarana, dan sarana yang memadai. Lebih dari itu, dibutuhkan kesadaran kolektif untuk mengubah mindset dalam bekerja. Sejumlah upaya yang dilakukan FSMR, ISI Yogyakarta sebagai respons tuntutan performa masa kini telah dilakukan secara bertahap, di antaranya melalui pembangunan Zona Integritas  pembangunan e-office, dan peningkatan layanan pendidikan secara virtual di lingkungan FSMR, ISI Yogyakarta.

Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta untuk bangkit, bertransformasi menjadi SDM ‘baru’ yang unggul, inovatif dalam menjalankan kultur kerja yang kompetitif untuk saat ini dan masa mendatang. Perubahan zaman memanggil kita, meminta peran optimal seluruh civitas academica untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kreatif, inovatif, dan berdasar Pancasila. Mari jadikan FSMR, ISI Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi seni pelopor yang unggul dalam bidang fotografi, film, televisi, dan animasi berlandaskan Pancasila, untuk mengembangkan seni media melalui perpaduan teknologi, estetika, dan kearifan lokal.

Pameran dan penayangan karya seni media rekam melalui Dies Natalis ke-3 ISI Yogyakarta yang menyajikan hasil proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan FSMR ini kiranya dapat dijadikan tolok ukur untuk evaluasi ke depan. Selain itu, juga sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban publik yang dilakukan lembaga pendidikan.

Dalam kesempatan yang sangat berharga ini, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas academica yang telah menyertakan karyanya sehingga pameran dan penayangan luring dan virtual dalam rangka Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta  ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga kerja keras seluruh peserta dan panitia akan menjadi inspirasi dan semangat bagi civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta dalam menghadapi tantangan masa mendatang.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera

Om Santi, Santi, Santi, Om

Yogyakarta, 14 Juni 2021

Dekan,

Dr. Irwandi, M.Sn.

PEMBUKAAN PAMERAN DAN PENAYANGAN

KARYA SENI MEDIA REKAM

PAMERAN ONLINE FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

Unduh Katalog Pameran Dies Natalis ISI ke-37 – Fakultas Seni Media Rekam

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianSpanish