KARYA PAMERAN

Judul : Disain Karakter Pak Cupet, Edisi Naik Kerbau

Karya : Mahendradewa Suminto

Deskripsi :

Pak Cupet merupakan tokoh yang diciptakan oleh Bu Lucia Ratnaningdyah yang merupakan dosen FTV Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta. Pak Cupet adalah seorang tua yang tinggal di desa wilayah Yogyakarta dan mempunyai seorang istri dan seorang anak perempuan. Kehidupan sehari hari pak Cupet adalah Bertani dan mengambala ternak ternaknya. Dalam memvisualkan tokoh karakter pak Cupet tersebut tidaklah mudah karena harus meriset bagaimana karakter orang “jawa” yang sudah berumur, pak cupet digambarkan seorang yang sudah tua, agak kurus dan tidak terlalu tinggi, muka tirus, dagu/ rahang kotak yang mengesankan pekerja keras, mata tidak terlalu besar, alis tipis, dan hidung pesek, kadang keluar kumis tipis kadang dicukur. Pak Cupet selalu mengenakan iket dikepalanya dan bila bekeja di bawah terik matahari kadang dia mengenakan caping untuk melindungi dari sengatan matahari. Ciri lain pak cupet adalah dia selalu berpenampilan sederhana, tidak neko neko dan lugu. Tokoh Pak Cupet ini nantinya akan diaplikasikan ke dalam cerita bergambar, komik dan film animasi dengan gaya goresan sederhana.

Judul : Buruh Gendong

Karya : Tanto Harthoko

Deskripsi :

Karya ini secara visual menampilkan satu sosok perempuan separuh baya yang menggendong beban dipunggungnya dalam wujud 3D low poly yang dibuat menggunakan free 3D modelling software – Blender. Sosok tersebut ditampilkan dalam 5 sudut pandang (angle) agar memperjelas setiap bagian-bagiannya. Disebut “buruh gendong” karena tugas utama mereka adalah mengangkut dan membawa barang dagangan pelanggan dari tempat parkir atau kendaraan ke dalam pasar atau sebaliknya. Keberadaannya di pasar-pasar tradisional memiliki peran yang sangat penting. Mereka siap membantu pelanggan dengan menggendong atau mengangkut barang belanjaan mereka. Mereka berinteraksi dengan banyak pelanggan dan menjadi bagian penting dari aktivitas pasar yang hidup dan ramai. Buruh gendong umumnya menggunakan keranjang bambu yang diikatkan di bagian belakang tubuh mereka dengan menggunakan tali atau kain untuk memudahkan mereka membawa beban yang berat. Mereka kemudian berjalan kaki dengan sigap di tengah keramaian pasar untuk menyelesaikan tugas mereka dengan cepat dan efisien.

Judul : All You Can Eat

Karya : Mohammad Arifian Rohman

Deskripsi :

“ Mengapresiasi sebuah sendok yang membentuk pola gerak atau aktifitas olah raga lari estafet yang berusaha memberikan tongkat estafet kepada penerusnya oleh sekumpulan sendok juga dalam merepresentasikan sifat Kerakusan dan ketamakan penguasa”

“disajikan dalam sebuah visual art dengan media 3d modeling dengan memberikan aspek denotatif dan konotatif”

Makna denotative : Sekumpulan sendok membentuk dua buah tangan, Kedua tangan tersebut beraksi seperti lari estafet, Tongkat estafet yang diberikan adalah burger dan uang, Warna sendok stainless steel dan warna background grey

Makna Konotatif : Kasus korupsi di Indonesia seakan tiada habisnya, bagaikan ada yang meneruskan tradisi tersebut dan bahkan lambat laun menjadi budaya bagi para penguasa dan pejabat dengan kekuasaan yang dimilikinya. Budaya tersebut mampu melahirkan generasi-generasi baru yang siap “makan” dengan rakusnya. “makan” disimbolisasikan dengan memunculkan sekumpulan sendok yang membentuk tangan dengan aktivitas lari estafet yang berusaha menceritakan kasus wisma atlet dengan mengalirkan dana secara bergilir yang menyerupai dengan estafet, tongkat estafet berbentuk garpu yang menusuk burger dengan uang di dalamnya dimaknai sebagai kasus korupsi impor daging sapi yang tervisualkan oleh tumpukan uang, jadi kenapa burger tersebut tidak ada daging di dalamnya melainkan tumpukan uang, hal ini berarti sepotong daging sapi bisa saja senilai tumpukan uang ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk sepotong daging.

Saat inipun kasus tersebut mulai bergilir satu persatu bagaikan lari estafet kepada penerusnya dan berpesan “All You Can Eat” .

Judul : Cergam Fani

Karya : Nuria Indah Kurnia Dewi

Judul : Ilustrasi Cergam FANI

Karya : Nuria Indah Kurnia Dewi dan Ika Yulianti

Judul : NGADHU BAGHA

Karya : Ika Yulianti

Media : Fiber

Deskripsi :

Ngadhu dan Bagha adalah sepasang symbol banyaknya suku di Ngada, Flores.

Ngadhu merupakan symbol leluhur perempuan yang berbentuk seperti rumah. Sedangkan bagha adalah symbol leluhur laki-laki yang berbentuk seperti paying dengan atap keri atau ilalang hitam. Pesona simbol tersebut menguatkan hubungan dengan leluhur yang saling menghormati, menjaga dan mengasihi.

Judul : Panji Tales Main Characters Design

Karya : Tegar Andito

Deskripsi :

Desain karakter untuk tokoh-tokoh utama game Panji Tales. Tokoh-tokoh yang ada adalah (dari atas ke bawah) Dewi Sekartaji, Raden Inu Kertapati, Prasanta, dan Jurudeh. Tokoh-tokoh tersebut divisualisasikan dengan gaya pixel art berdasarkan perwujudan tokoh Dewi Sekartaji, Raden Inu Kertapati, serta panakawan yang muncul pada relief di Kompleks Candi Penataran.

Judul : Ilustrasi Resep Masakan Nusantara

Karya :

Agnes Karina Pritha Atmani, Kathryn Widhiyanti, Rahmat Aditya Warman, Ammar Nur Faishal, Bagus Dian Riski Akbar, Faiza Zahwa M, Ahmad Nafis Fajrian, Alaia Sandrine Arief, Zainadin Zakaria, Regita Sekar Arum, Dzakiy Rochmatulloh, Fatma Qutrotun Nidha, Dimas Fajar, M Raihan Ar Rofi, Imroatu Sholikhah

Deskripsi :

Computational Thinking merupakan sebuah metode untuk berfikir yang efektif dan efisien dalam berkarya. Karya Flip Book Ilustrasi Resep Makanan ini merupakan luaran dari penerapan computational thinking.


CERITA BERGAMBAR


Judul : CONGKLAK

Karya :

Stephanie Oxana raulista, Patricia Kirana Putri Hestia, Natannoel Aaron Chow

Judul : Belajar Bunga bersama Engkong

Karya : Venus Khesya Tyasmara, Aisyah Syarifa Dewi kartika Surdiawan, Muhammad Daffa Fahreza

Judul : Rumah Pohon

Karya : Adynda Dafana, Alifio farras, Inocencio Laraswara

Judul : Mengenal Tanaman Jahe

Karya : Al Fitri Muhammad Zacky, Bintang Merah,

Muhammad Raffi Arkan

Judul : Noa si Kutu Buku

Karya : Farrel Samdya Nasywah, ferdi Kurniawan,

Muhammad Adam Revolusi Arifin


ANIMASI GAME


Judul : Jump Away

Karya : Humam Afif Tsani, Thoyib Farizal, Viqry Devianzikri Mooduto, Kathryn Widhiyanti, Agnes Karina Pritha

Judul : Bleak Escape

Karya : Donnisius Fannoel Mahendra, Othiesta Dennis Maulana, Adyn Haidar Syahputra, Kathryn Widhiyanti, Agnes Karina Pritha


ILUSTRASI 3D


Judul : Tempat Baru

Karya : Natannoel Aaron Chow

Deskripsi :

“Memasuki wilayah baru dalam petualangan, mata kami melotot saat pemandangan hutan menyambut kami di wiayah itu. Bangunan yang menjulang ke atas dan menyatu dengan pepohonan di sekitarnya seakan mencoba bersembunyi.” Karya ini dibuat menggunakan software Blender dan terinspirasi dari salah satu tempat di video game League of Runeterra yang bernama Region Ionia.

Judul : Archery

Karya : Akmal Nafis Zaidan

Deskripsi :

“Di kota yang ditinggalkan, seorang elf sedang menunggangi kudanya, memanah dengan keahlian yang luar biasa. Di tengah puing-puing yang berhamburan dan gedung-gedung yang terbengkalai, dia merasa seakan-akan waktu berhenti, tinggal dia dan panah-panahnya yang meluncur dengan presisi. Dalam keheningan yang mencekam, kesedihan memenuhi hatinya saat ia melintasi bangunan-bangunan yang pernah hidup dan penuh kegembiraan. Meski kota itu kini hanya puing-puing, hati sang elf terus membara dengan tekad yang tak tergoyahkan untuk menjaga kenangan dan kehidupan yang pernah ada.” Karya ini dibuat menggunakan software Blender dan terinspirasi dari Game Nier : Automata dan ras elf pada gaya visual anime.

Judul : Resting After Work

Karya : Stefanus Feby Nauvalim

Deskripsi :

“I am a bounty hunter who has been chasing a group of criminals today. Sun is going down and night has come, it is time for me to rest peacefully.” Tema yang di gunakan pada tahun 1899 dimana amerika serikat sedang memasuki era cowboy. Karya ini dibuat menggunakan software Blender dan terinspirasi dari film Country Hollywood dan game Red Dead Redemption 2.

Judul : Dream

Karya : Alifio Farras

Deskripsi :

Setiap orang memiliki mimpi yang bisa diraih. Memvisualisasikannya adalah salah satu cara menjaga mimpimu agar tetap hidup. Karya ini dibuat menggunakan software Blender dan beberapa model 3D terinspirasi dari film Transformer.


KOMIK


Expression

Tugas Kuliah Animasi Ekspresi Wajah

Karya : Nurmalita Melati Aryaputri

Deskripsi :

Seorang gadis kecil sedang bermain-main dengan naga peliharaannya, terlihat ekspresi senang dan bahagia terpancar dari wajahnya. Tiba-tiba datang beberapa orang tak dikenal menembak naga si gadis kecil, sontak gadis kecil tersebut kaget dan menangis sejadi-jadinya.

Karya : Ruth Sevani Pratikno

Deskripsi :

Seorang pemuda tanggung tengah asik tertidur, tiba-tiba kaget karena terbangun di tempat yang tak dikenalnya. Padahal dia ingat betul jika dia sedang tidur di kamar rumahnya. Bau busuk menyengat hidungnya membuat pemuda tersebut merasa jijik dan ingin memuntahkan isi perutnya. Namun sebelum seluruh isi perutnya keluar tiba-tiba pemuda tersebut dikagetkan dengan kemunculan monster yang sangat mengerikan, membuat dia lari ketakutan.

Karya : Rachmaji Asmiraj Zwirello

Deskripsi :

Seorang lelaki merasa sangat sedih karena tiba-tiba diputuskan pacar yang sangat disayanginya. Dia merasa sangat frustasi dan kecewa.

Ditengah-tengah kesedihannya, tiba-tiba muncul UFO di belakng lelaki tersebut. Sontak lelaki tersebut kaget dan ketakutan. Sebelum dia lari begitu jauh, sesosok alien keluar dari UFO tersebut. Lelaki tersebut tiba-tiba tertawa terbahak-bahak karena melihat wujud dari alien yang muncul sangat lucu.


CLAY


Gea

Karya : Ruth Sevani Pratikno

Jefri

Karya : Ivan Kurniawan

Jesse si Rubah

Karya : Thoyib Farizal


VIDEO ANIMASI


Judul : Burung Kera Si Jago Ayam (Adaptasi dari Ciung Wanara)

Karya : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Direktorat Jenderal Vokasi melalui Direktorat Mitras DUDI,

Asprodi DKV, SMK, perguruan tinggi vokasi, universitas, dan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI)

Sinopsis :

Burung Kera, seorang anak jalanan yang seumur hidupnya sengsara, ingin mendapatkan harta dengan memenangkan pertandingan sabung ayam. Namun, saat ia mendapatkan hal yang diinginkan, ia menyadari bahwa ada yang lebih penting dibanding harta, yaitu ketenteraman keluarga.

Judul : Mantra Sakti Si Aji (Adaptasi dari Legenda Aji Saka)

Karya : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Direktorat Jenderal Vokasi melalui Direktorat Mitras DUDI,

Asprodi DKV, SMK, perguruan tinggi vokasi, universitas, dan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI)

Sinopsis :

Dengan kepercayaan diri sebagai seorang pendekar yang memiliki kemampuan berperang, Si Aji melawan raksasa dengan tangan kosong dan menitipkan kerisnya. Namun, Si Aji tidak sanggup mengalahkan raksasa seorang diri dan menyadari bahwa ia terlalu sombong. Akhirnya, ia bisa mengalahkan raksasa dengan keris dan mantra sakti.

Tugas Kuliah Dasar Animasi

Video 1

Judul : Be Kind

Karya : Bintang Merah, Muhammad Alghina, Aisyah Syafira Dewi

Video 2

Judul : Hop, Bunny, & Boy

Karya : Patricia Kirana, Stephanie Oxana, Bagas Haryo

Video 3

Judul : UNTITLED

Karya : Andi Abin, Fandi Firmansyah, Muhammad Hafid Ammarudin

Video 4

Judul :

Pengaplikasian Dan Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Animasi Series 4m-Pera Episode Perkenalan

Karya : Hady Sumarna

Tugas Kuliah STOP MOTION

Video 1

Judul : Fall Asleep a.k.a Keturon

Karya : Zukhruf Athariq Mustofa, Ivan Kurniawan, Ahmad Anam Musyafa’, Moh Khoirul Anwar, Ruth Sevani Pratikno, Vyra Garint K.R, Rizky Kurniawati

Video 2

Judul : Mabuk Perjalanan

Karya : Triyo Maulana Muhsin, Alda Bunga Tiara Ibenas, Dea Armelia Kritis Wirabhayu, Gladys Hertriliana Buhori, Corina Pepayosa Ginting, Mutiara Ayu Lestari, Viqri Devianzikri Mooduto 

Video 3

Judul : Your Little Servant

Karya : Thoyip Farizal,Rahmaji Asmiraj Zwirello, Walid Abdul Aziz,Nabila Puti Azzahra, Reyhan Alfa Sonnata,Amadea Putri Azzahra ,Chyntia Ceca Rizqita, Muhammad Mikyal Wafi

Tugas Kuliah Animasi Ekspresi Wajah

Judul : Expression

Karya : Nerius Dondi Adna Adonis,Yudha Nabillah, Rury Faradita, Adyn Haidar Syahputra

Deskripsi :

Video short animation yang menampilkan ekspresi wajah yang berbeda-beda

Tugas Kuliah Animasi Kerumunan dan Pemrograman Animasi

Judul : Crowd Animation

Karya : Noor Fadhila Reza Ramadhan,Nerius Dondi Adna Adonis,Latu Arifian Priyono,Muhammad Gummara Mahendra,Naufal Afif Alfaruq,Nurmalita Melati Aryaputri,Yudha Nabillah,Walid Abdul Aziz,Rachmaji Asmiraj Zwirello,Emmanuel Alejandro Citra Kristiyadi

Deskripsi :

Crowd Animation adalah teknik membuat animasi kerumunan secara otomatis. Crowd Animation merupakan hasil kreasi mahasiswa mata kuliah Animasi Kerumunan. Crowd Animation bercerita tentang munculnya monster di berbagai daerah secara tiba-tiba. Pemerintah di seluruh dunia kemudian bersatu membentuk pasukan pertahanan anti monster untuk mencegah amukan mosnter yang terjadi. Pembuatan monster, zombie, dan tentara pasukan pertahanan menggunakan teknik generate kerumunan. Sementara pembuatan markas pasukan pertahanan menggunakan teknik pemrograman animasi pada pergerakan kamera dan penciptaan gedung-gedung.