Judul : Jejak Penyu
Nama : Febby Rukmana
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Bertemunya Aded dan Kasdi dengan Mustofa membuka jalan untuk terciptanya sebuah kelompok masyarakat yakni Cinta Bahari, hal ini dimanfaatkan Aded dan Kasdi sebagai tempat untuk menebus dosa dari masa lalunya sebagai penjual dan pemburu penyu, Aded dan Kasdi memutuskan jalan hidupnya untuk terus berkomitmen menjadi seorang satpam pantai demi menjaga ekosistem penyu meskipun penyu sudah dianggap langka di pantai Legok Jawa, namun semangatnya dalam berhijrah membuat Aded dan Kasdi selalu bersiap menanti penyu kembali.
Judul : Rahayu Sendi
Nama : Wahyu Cahyono Eko Putra
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Perubahan iklim sudah menjadi ancaman yang memang nyata. Tanah longsor hingga kekeringan di daerah yang dulunya subur makin sering terjadi. Sudah seharusnya hutan tidak digunduli dan dijaga kelestarian pohonnya. Inilah yang dirasakan oleh masyarakat adat Sendi. Desa yang terletak di antara pegunungan Anjasmoro dan Arjuno yang menjadi daerah penyangga sebagai kawasan resapan air. Hilangnya sumber air akibat penebangan pohon membuat masyarakat harus bertindak tegas. Hutan yang gundul mereka tanami lagi walaupun tanah tersebut diklaim oleh Perhutani. Anggapan masyarakat Sendi adalah ini tanah adalah milik para pendahulu mereka dan masih terdapat bukti yang jelas. Namun konflik ini berlanjut di ranah hukum dan belum menemui titik terang bagi masyarakat. Selama ini pula masyarakat Sendi tetap melakukan penghijauan di kawasan yang mereka klaim. Di samping itu mereka juga tetap melestarikan adat tradisi yang telah ada sejak dulu. Kelestarian alam dan tradisi harus dijaga sebagai rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan Tuhan.Bertemunya
Judul : MYSTYLE – Episode Indonesia Berkain
Nama : Tubagus Abyan Yumnadinata
Tahun Produksi : 2024
Format : Program Televisi
Sinopsis
“MYSTYLE” adalah program televisi magazine show berdurasi 24 menit yang menyajikan informasi hal-hal menarik dan unik berupa pakaian, aksesoris, rekomendasi gaya berpakaian, serta informasi mengenai tokoh yang berpengaruh di dunia fashion terkini. Secara garis besar, tema keseluruhan episode adalah gaya berpakaian masa kini. Episode “Indonesia Berkain” membahas trend kembali menggunakan kain nusantara sebagai mix and match dalam gaya berpakaian seiring berkembangnya dunia fashion di Indonesia.
Judul : Dibawah Pohon Rindang
Nama : Muhammad Ikhwan Nurfarizi
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Sujiwo (50), tukang cukur di bawah pohon rindang, mendapat surat peringatan dari Bima (35) anggota DISHUB untuk meninggalkan tempat tersebut. Saat Sujiwo pergi membeli minyak alat cukurnya, Bima memasang plang proyek di lokasi itu. Kembali dan mendapati tempat kerjanya terhalang, Sujiwo mencari pekerjaan di barbershop lain, namun gagal karena tuntutan modern dan pelatihan mahal. Kembali ke tempat asalnya, Sujiwo menemukan pohon rindangnya telah ditebang oleh petugas DISHUB.
Judul : Echoes Form The Coast
Nama : Barikly Farah Fauziah
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Septina Dwi Aryani atau yang biasa dipanggil Bu Nana (43) adalah seorang warga Tambak Lorok yang pernah aktif dalam organisasi Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI). Setelah melihat permasalahan sampah yang terjadi didaerahnya, Bu Nana sempat menginisiasi program Pasar Krempyeng. Kegiatan ini merupakan sebuah sistem transaksi jual beli yang dilakukan dengan menukar sampah dengan uang yang terbuat dari kepingan kerang yang memiliki nilai tukar rupiah yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok di Pasar Krempyeng. Namun, program yang digagasnya terhenti pada saat suaminya jatuh sakit, karena beliau harus fokus mengurus keluarga dan menggantikan peran suaminya menjadi tulang punggung keluarga. Beberapa tahun berlalu, Bu Nana memiliki keinginan untuk kembali merealisasikan program yang pernah digagasnya dulu. Keinginan tersebut menjadi keyakinan memulai ketika Bu Nana mengikuti saudaranya melaut dan mendapatkan lebih banyak sampah dibanding ikan sebagai hasil tangkapan.
Judul : Kriuk “The Indonesian Taste”
Nama : Fauziyati Munaayah
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Dalam setiap hidangan kuliner akan selalu ada cerita dibaliknya, salah satunya adalah kisah dibalik populernya kerupuk yang kini menjadi primadona kuliner. Kerupuk merupakan makanan ringan khas Indonesia yang telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Film dokumenter “ Kriuk:The Indonesian Taste “ menyajikan evolusi kerupuk yang berawal dari makanan eksklusif hingga menjadi makanan bagi semua kalangan. Dibalik stigma makanan rakyat miskin, kerupuk memiliki peran penting bagi masyarakat sebagai penopang ekonomi di masa krisis.
Judul : Membekas
Nama : Frisca Melinda Kusuma Putri
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Selama ini bekas luka selalu dilihat dari satu sisi, oleh sebab itu masih banyak yang merasa insecure dengan keberadaannya. Bekas luka bukan hanya memberikan kontribusi yang buruk dalam penampilan, namun ia juga memiliki makna yang beragam, sehingga tanpa disadari ternyata sangat dekat dan tidak dapat terhindarkan dalam siklus hidup manusia.
Judul : Warna Lain
Nama : Fachri Nito Muuhammad
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Film dokumenter “Warna Lain” menceritakan tentang keresahan dan pengalaman yang dialami penyandang buta warna dalam menjalani kehidupannya, seperti bagaimana reaksi ketika seseorang tersadar bahwa dirinya mengalami kelainan buta warna, kendala dalam keseharian penyandang buta warna, respon dari lingkungan sosial sekitar, kekecewaan karena gagal mencapai apa yang dicita-citakan, hingga bagaimana opini dan pembuktian penyandang buta warna tentang kemampuannya yang dapat melakukan pekerjaan atau kegitan yang selalu berkaitan dengan warna.
Judul : Siswo Budoyo Golek Panggung
Nama : Naufal Damar Angarasfajar
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Bambang Wijanarko (51) adalah seorang pemain kethoprak tobong asal Tulungagung yang telah menggeluti kesenian tersebut selama puluhan tahun bersama kelompok Kethoprak Gaya Baru Siswo Budoyo yang didirikan oleh ayahnya. Semenjak sepeninggal ayahnya dan berhentinya kelompok Kethoprak Siswo Budoyo melakukan kethoprak keliling ke berbagai kota, Ia merasakan bahwasanya kelompok kethopraknya yang dulu dielu-elukan sebagai legenda ini lambat laun menurun pamornya. Semenjak menjadi ketua kelompok tersebut pada 2015, Ia sudah berusaha melakukan banyak hal untuk mencoba mengangkat kembali nama kelompoknya tersebut, namun usahanya tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya Ia memiliki ide untuk membuat penggubahan pada kethoprak dengan merekamnya secara sinematis. Tetapi Ia menyadari batas kemampuannya yang tidak memiliki pengalaman dan wawasan yang mumpuni untuk membuat film. Ia lalu tetap melanjutkan keinginannya tersebut dengan melibatkan bantuan dari salah satu mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta jurusan Film dan Televisi, yaitu Naufal Damar. Dengan kolaborasi kedua pihak tersebut, mereka melakukan proses kreatif untuk membuat film impiannya. Berbagai rintangan dan problematika mereka hadapi, namun semua hal tersebut tetap tidak menurunkan semangat keduanya untuk menyelesaikan proyek ini.
Judul : Nabuh Rasa
Nama : Gabriel Christian Sefaca
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Perjalanan kehidupan Pardiman Djoyonegoro seorang seniman musik karawitan telah membuatnya menemukan banyak kehidupan dalam musik karawitan. Baginya, musik karawitan bukan hanya sekadar permainan alat musik semata, namun sebuah garapan batin dan produk jenius dari para leluhur.
Judul : Pamit Guys
Nama : Denanda Refa Candra Pamungkas
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Putra (35) adalah seorang content creator di platform YouTube yang bertema keluarga bahagia. Putra menggunakan anaknya, Ayu (6) sebagai muka dari channel tersebut. Channel YouTube keluarga Putra bernama “Baby Ayu” ini memiliki banyak penonton yang menggemari kehidupan bahagia mereka. Namun, dibalik status mapan dan keluarga bahagianya, Putra justru berniat untuk selingkuh dengan penjaga laundry bernama Quicky Laundry (23). Suatu malam setelah syuting content, Putra mengunjungi kios laundry bersama Ayu. Saat anaknya tertidur, Putra mengambil kesempatan tersebut untuk bermesraan dengan penjaga laundry. Namun, nafsu Putra terpatahkan oleh permintaan Quicky untuk menikah dan menjadi istri kedua. Putra menolak dan keduanya bertengkar. Perselingkuhan tersebut terbongkar oleh Retno (30), istri Putra. Dalam amarahnya, Retno dan kru YouTube “Baby Ayu” menghampiri Quicky lalu keduanya berkelahi. Kejadian tersebut disiarkan secara live. Setelah kejadian tersebut, Putra dimaki dan dihujat oleh penonton channel “Baby Ayu”. Beberapa hari setelahnya, Putra pun menyiarkan live permintaan maaf atas perselingkuhannya dan memohon agar istri dan anaknya kembali ke rumah. Selang waktu berlalu, YouTube channel “Baby Ayu” menggugah video Ayu menangis sembari menjelaskan bahwa orangtuanya sudah berpisah. Malam setelah video tersebut diunggah, channel YouTube “Baby Ayu” menyentuh angka 5 juta subscribers. Putra, Retno, Ayu, Quicky Laundry, serta seluruh kru dan staff YouTube channel “Baby Ayu” yang telah merencanakan semua kejadian dengan matang kemudian merayakan kenaikan penonton yang signifikan dengan pesta miras dan diskotek.
Judul : Pamit Guys
Nama : Mohamad Farhan Mughni Al Afif
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Putra (35) adalah seorang content creator di platform YouTube yang bertema keluarga bahagia. Putra menggunakan anaknya, Ayu (6) sebagai muka dari channel tersebut. Channel YouTube keluarga Putra bernama “Baby Ayu” ini memiliki banyak penonton yang menggemari kehidupan bahagia mereka. Namun, dibalik status mapan dan keluarga bahagianya, Putra justru berniat untuk selingkuh dengan penjaga laundry bernama Quicky Laundry (23). Suatu malam setelah syuting content, Putra mengunjungi kios laundry bersama Ayu. Saat anaknya tertidur, Putra mengambil kesempatan tersebut untuk bermesraan dengan penjaga laundry. Namun, nafsu Putra terpatahkan oleh permintaan Quicky untuk menikah dan menjadi istri kedua. Putra menolak dan keduanya bertengkar. Perselingkuhan tersebut terbongkar oleh Retno (30), istri Putra. Dalam amarahnya, Retno dan kru YouTube “Baby Ayu” menghampiri Quicky lalu keduanya berkelahi. Kejadian tersebut disiarkan secara live. Setelah kejadian tersebut, Putra dimaki dan dihujat oleh penonton channel “Baby Ayu”. Beberapa hari setelahnya, Putra pun menyiarkan live permintaan maaf atas perselingkuhannya dan memohon agar istri dan anaknya kembali ke rumah. Selang waktu berlalu, YouTube channel “Baby Ayu” menggugah video Ayu menangis sembari menjelaskan bahwa orangtuanya sudah berpisah. Malam setelah video tersebut diunggah, channel YouTube “Baby Ayu” menyentuh angka 5 juta subscribers. Putra, Retno, Ayu, Quicky Laundry, serta seluruh kru dan staff YouTube channel “Baby Ayu” yang telah merencanakan semua kejadian dengan matang kemudian merayakan kenaikan penonton yang signifikan dengan pesta miras dan diskotek.
Judul : Pamit Guys
Nama : Azwar affrian Affandhi
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Putra (35) adalah seorang content creator di platform YouTube yang bertema keluarga bahagia. Putra menggunakan anaknya, Ayu (6) sebagai muka dari channel tersebut. Channel YouTube keluarga Putra bernama “Baby Ayu” ini memiliki banyak penonton yang menggemari kehidupan bahagia mereka. Namun, dibalik status mapan dan keluarga bahagianya, Putra justru berniat untuk selingkuh dengan penjaga laundry bernama Quicky Laundry (23). Suatu malam setelah syuting content, Putra mengunjungi kios laundry bersama Ayu. Saat anaknya tertidur, Putra mengambil kesempatan tersebut untuk bermesraan dengan penjaga laundry. Namun, nafsu Putra terpatahkan oleh permintaan Quicky untuk menikah dan menjadi istri kedua. Putra menolak dan keduanya bertengkar. Perselingkuhan tersebut terbongkar oleh Retno (30), istri Putra. Dalam amarahnya, Retno dan kru YouTube “Baby Ayu” menghampiri Quicky lalu keduanya berkelahi. Kejadian tersebut disiarkan secara live. Setelah kejadian tersebut, Putra dimaki dan dihujat oleh penonton channel “Baby Ayu”. Beberapa hari setelahnya, Putra pun menyiarkan live permintaan maaf atas perselingkuhannya dan memohon agar istri dan anaknya kembali ke rumah. Selang waktu berlalu, YouTube channel “Baby Ayu” menggugah video Ayu menangis sembari menjelaskan bahwa orangtuanya sudah berpisah. Malam setelah video tersebut diunggah, channel YouTube “Baby Ayu” menyentuh angka 5 juta subscribers. Putra, Retno, Ayu, Quicky Laundry, serta seluruh kru dan staff YouTube channel “Baby Ayu” yang telah merencanakan semua kejadian dengan matang kemudian merayakan kenaikan penonton yang signifikan dengan pesta miras dan diskotek.
Judul : Dan Voila!
Nama : Xantia Askandar
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Doni dan Toni adalah sepasang sahabat yang bersekolah di SMAN Satya Bakti 5. Di hari pengambilan ijazah, Toni yang tidak bisa mengambil ijazah karena uang sekolah menunggak meminta bantuan Doni untuk mencuri ijazahnya. Ia juga menyatakan bahwa ia tidak akan melanjutkan proses seleksi AKPOL walaupun ia tinggal menempuh satu ujian lagi untuk menjadi taruna. Hal ini dikarenakan ayahnya yang penjudi dan kerap melakukan kekerasan menyuruhnya untuk cepat mendaftar kerja. Padahal, sejak kecil, ibu Toni mendukung keinginannya menjadi seorang polisi. Kekerasan yang selalu dialami Toni membuatnya paranoid dan takut pada ayahnya. Malam hari itu, Doni dan Toni hendak mencari obeng di ruangan Babeh sang penjaga sekolah. Di ruangan itu, Toni menemukan seragam Kinan, seorang siswi yang dinyatakan hilang setahun lalu. Saat berdebat mengenai apa yang harus mereka lakukan, Babeh datang dan hendak menghabisi mereka. Doni dan Toni pun berniat mengambil barang bukti ke kantor polisi. Namun dalam perjalanan mereka melarikan diri dari Babeh, berbagai rintangan dihadapi keduanya. Dengan ketakutan akan ayahnya yang menghantuinya, Toni mengalami hambatan secara mental. Ia mengalami ketakutan yang amat sangat, terlebih dilema yang dihadapinya membuatnya berpikir secara irasional. Namun pada akhirnya, ia berhasil mengalahkan ketakutannya, juga dilema akan masa depannya. Ia memutuskan untuk melawan Babeh, juga ayahnya (secara simbolik), dan melanjutkan proses seleksi AKPOL.
Judul : Wasiat
Nama : Violita Surya Kantrin
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Ajeng seorang anak kecil yang mengalami sakit perut yang berkelanjutan. Joko dan Tini sahabatnya, berfikir bahwa Ajeng terkena penyakit yang ganas. Ajeng berusaha mencari tahu apa sedang ia alami. Perutnya tak kunjung sembuh, membuat ajeng berfikir jika ia akan meninggal. Ia pun menuliskan surat wasiat untuk teman-temannya.
Judul : Wasiat
Nama : Melsa Herista Kusumawati
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Ajeng seorang anak kecil yang mengalami sakit perut yang berkelanjutan. Joko dan Tini sahabatnya, berfikir bahwa Ajeng terkena penyakit yang ganas. Ajeng berusaha mencari tahu apa sedang ia alami. Perutnya tak kunjung sembuh, membuat ajeng berfikir jika ia akan meninggal. Ia pun menuliskan surat wasiat untuk teman-temannya.
Judul : Ethnic: Bumi Segandu
Nama : Mahdian Ma’ruf
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Dokumenter
Sinopsis
Isu diskriminasi terhadap komunitas kepercayaan kerap kali terjadi di Indramayu, para penganut kepercayaan atau mereka yang berbeda keyakinan kerap kali mendapatkan tindakan yang diskriminatif. Hal tersebut juga dialami oleh komunitas penganut kepercayaan Dayak Losarang yang sering kali dianggap sebagai kelompok eksklusif, sesat ,dan tidak mau membaur dengan masyarakat sekitar. Dengan sikap pluralitasnya, para penganut kepercayaan Dayak Losarang berupaya melestarikan ajaran mereka agar tidak bersinggungan dengan isu yang ada dan bisa tetap menjadi bagian dari masyarakat meski berbeda keyakinan.
Judul : Geger Perikoloso
Nama : Panglima Ramzy Ramadhan
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Koesno, seorang anak laki-laki remaja yang sangat ingin menari namun terjebak dalam lingkungan dan tubuh yang mengekangnya. Suatu malam, saat Koesno sedang mengaji di kamarnya pada malam hari, segerombolan orang melintasi jendela kamarnya. Koesno yang penasaran memutuskan melompati jendela kamar dan mengikuti mereka. Koesno mengikuti mereka sampai di Pendopo Merah. Gerombolan tersebut sedang latihan menari. Salah satu dari mereka, Marti melihat Koesno dan mengajaknya menonton dari dekat. Setelah latihan, Marti memperkenalkan teman-temanya. Putri si aktivis buruh tani dan Dimas si penari laki-laki. Mereka adalah Lekra, kelompok seni politik kiri. Koesno memperkenalkan diri, dia adalah anak calon lurah dari politik kanan. Timbul perdebatan dimana Putri merasa Koesno tidak baik jika berada di dekat mereka, sedangkan Dimas merasa melihat dirinya pada Koesno sebagai laki-laki yang terikat stigma sosial penari. Marti sebagai ketua regu membiarkan Koesno memutuskan sendiri apakah dia akan datang ke latihan Lekra selanjutnya atau tidak. Koesno kemudian pulang ke rumah. Di depan rumah, Bapak sudah menunggu. Bapak memarahi Koesno setelah tau Koesno habis menari. Kemarahannya bertambah setelah tau ia menari dengan Lekra. Ibu menahan Bapak sebelum kemarahannya memuncak.
Judul : Jurus Air
Nama : Riezky Aulia
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Disebuah desa diadakan pengajian dan doa bersama untuk anak – anak Sekolah Dasar sebelum melaksanakan Ujian Nasional. Ustad Riezky (35) menjelaskan mengenai betapa mulianya air basuhan kaki ibu, dengan membasuh kaki ibu insyaAllah semua keinginan pasti akan bisa tercapai. Untung (12) ingin Ujian Nasional yang akan ia jalankan nantinya akan berjalan lancar dan mendapatkan nilai yang baik. Basir (12) sahabat untung menanyakan kepada untung, apakah untung sudah menyiapkan contekan untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional. Untung tidak berani menyiapkan contekan karna guru pengawas galak yang akan menjaga nanti. kemudian Basir menyarankan untuk membasuh kaki ibu agar bisa mendapatkan keberkahan dan berdoa untuk mendapatkan nilai yang bagus. Untung terlintas langsung difikirannya bahwa saran yang basir bicarakan adalah cara yang sangat baik untuk dilakukan, hingga hal itu yang membuat untung langsung pulang kerumah untuk dapat membasuh kaki ibunya hingga untung tidak sadar bahwa ibunya sudah meninggal dunia. sesampainya dirumah untung mencari disegala sudut rumah mulai dari kamar ibu, dikamar untung hingga kamar mandi namun tidak menemukan ibunya. Tiba – tiba Untung berhalusinasi melihat dan bisa berbicara kepada ibunya, memaksa ibu untuk mengizinkan Untung membasuh kakinya, ibu tidak bisa melakukan apa yang Untung inginkan, Akhirnya untung ngambek dengan sikap ibunya itu. Untung masih terus berharap agar ibu bisa melakukan apa yang diinginkannya, Untung berjalan kekamar mandi dan mengisi baskom dengan air untuk membasuh kaki ibunya, namun ketika Untung berjalan kembali menuju kamar ia tidak melihat ibunya sudah tiada, Untungpun terdiam dan merenungkan kejadian yang barusan ia hadapi, sekejap Untung hilang harapan untuk bisa mendapatkan air basuhan kaki ibunya. Ayah Untung pulang dan menemukan Untung sedang duduk terdiam didapur, lalu mengajak Untung untuk segera tidur dan masuk kedalam kamar. Ayah Untung memberi semangat dan doa kepada Untung agar Untung bisa menjalankan Ujian nasional dengan lancar dan mendapatkan nilai yang bagus. Ayah Untung berjalan menuju kamarnya dan tiba – tiba terdengar suara wanita yang mengalihkan pendengaran Untung, lalu Untung berjalan dengan tergesa – gesa menju kamar Ayah sambil membawa baskom berisi air. Untung terkejut bahwa suara wanita yang ia dengar bukan suara ibunya melainkan wanita lain yang sedang bersama Ayahnya. Ekspresi Untung sekilas berubah marah lalu melemparkan air yang ada didalam baskom yang ia bawa kearah ayah dan wanita tersebut.
Judul : Jurus Air
Nama : Abdurrahim Yusuf Wulanjaya
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Di sebuah desa kecil, diadakan pengajian dan doa bersama untuk anak-anak Sekolah Dasar sebelum Ujian Nasional. Ustad Riezky mengajarkan tentang keberkahan mencuci kaki ibu, yang diyakini dapat membawa kesuksesan. Untung, seorang anak berusia 12 tahun, bertekad mengikuti nasihat ini untuk meraih nilai bagus. Namun, saat pulang ke rumah, ia menghadapi kenyataan yang mengejutkan dan mengharukan. Ketegangan memuncak ketika Untung menemukan suara misterius yang mengarahkannya pada sebuah pengungkapan dramatis di rumahnya yang menghadirkan akhir yang penuh kejutan.
Judul : Noda-Noda Seragam
Nama : Ardha Putra Pratama
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Setelah kabur dari perkelahian, Alvin (15) seorang remaja korban bullying harus menyembunyikan noda darah di seragam SMA-nya dari Ana (40), seorang ibu single parent yang overprotektif. Sesampainya di rumah, Ana merasa janggal dan ketukan pintu misterius membuat Alvin menyadari sesuatu tentang keluarganya.
Judul : Noda-Noda Seragam
Nama : Duifadia Dissa
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Setelah kabur dari perkelahian, Alvin (15) seorang remaja korban bullying harus menyembunyikan noda darah di seragam SMA-nya dari Ana (40), seorang ibu single parent yang overprotektif. Sesampainya di rumah, Ana merasa janggal dan ketukan pintu misterius membuat Alvin menyadari sesuatu tentang keluarganya.
Judul : Laut Tak Bercampur
Nama : Ghani Ramadhan
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Lastri (26) dulunya seorang penari Tayub. Saat Lastri sudah tidak mendapat tawaran untuk menari, ia bekerja sebagai pemilah ikan di tempat pelelangan ikan. Karyono adalah suami lastri yang bekerja sebagai anak buah kapal di kapal milik Parto. Parto adalah seorang kepala desa yang memegang kebijakan regulasi dari pemerintah. Karyono ingin menjadi suami yang baik untuk Lastri dengan cara menafkahi batin dan jasmani.
Parto mendatangi rumah Lastri untuk memberikan tawaran bahwa sedekah laut akan diadakan dan butuh seorang penari Tayub. Dengan saweran dari menari, Lastri bisa memperbaiki ekonomi keluarga yang mana kapal cantrang tempat suaminya bekerja tak berangkat. Parto berusaha membujuk sambil menyentuh dan menggoda Lastri. Saat Karyono sampai rumah, Karyono sontak kaget melihat Parto dan Lastri berpegangan di ruang tamu. Karyono langsung marah dan mengusir Parto. Parto membela diri bahwa niatnya ke rumah untuk menawarkan Lastri untuk menjadi penari Tayub di sedekah laut. Lastri hanya terdiam dan berdiri di belakang Karyono. Karyono langsung mengusir dengan sedikit mendorong ke Parto. Karyono langsung pergi kebelakang untuk membersihkan diri. Saat makan malam, Lastri memberanikan diri untuk diskusi masalah pengeluaran keluarga. Karyono menyalahkan Parto bahwa Parto adalah biang masalah, karena Parto lah yang menghentikan semua kapal cantrang. Lastri mengatakan bahwa ketika ia menjadi penari Tayub ia dapat memperbaiki ekonomi keluarga dan ekonomi masyarkat desa. Karyono langsung mengatakan bahwa Karyono akan mendesak Parto.
Saat acara Tayub dimulai, terdengar suara gendhing yang berirama mengiringi tari gambyong dan Ketika Lastri menari Tayub. Terlihat Lastri yang menari dengan selendangnya. Karyono berencana membakar kapal milik Parto. Lastri menari dengan Parto dan Parto terlihat menyentuh dagu Lastri. Lastri menari dengan berbisik kepada Parto, bahwa jangan sampai Karyono tahu ketika Parto menyentuh badannya Lastri. Mengetahui Karyono membakar kapal, anak buah Parto yang lain dengan cepat membawa Karyono. Ketika Lastri masih menari, terlihat warga yang tiba-tiba teriak mengatakan ada kapal terbakar. Parto sontak langsung lari ke kapal yang terbakar. Lastri pun tetap menari dengan gending yang sudah berhenti. Perawit tak sengaja menyenggol Lastri tetapi Lastri masih melanjutkan tariannya. Suatu ketika Lastri bergerak pelan dan menatap kearah pintu. Lastri mulai berjalan pelan. Parto masih sibuk menyuruh anak buahnya untuk cepat mengambil airnya. Terlihat Lastri yang berjalan menuju kapal yang terbakar, lalu terdengar ibu-ibu di belakang Lastri yang berteriak bahwa ada orang yang tergantung di atas kapal, ditengah riuh warga yang sibuk berlarian membawa air dan ember.
Judul : Policik
Nama : Rizky Fachrul Fardani
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Seorang politisi baru bernama Mahruz, berniat mencalonkan diri sebagai Walikota dalam Pilkada Kota Suriname. Namun ia masih memerlukan banyak biaya untuk maju dalam kontestasi tersebut, termasuk biaya untuk menyewa partai politik yang akan mengusungnya. Sedangkan koalisi Mahruz hanya tinggal satu partai lagi untuk bisa memastikan dirinya resmi menjadi seorang calon, sebab ia harus memenuhi syarat ambang batas pencalonan 20 persen. Sehingga ia berusaha mencari sokongan dana dari para pengusaha atau investor, salah satunya adalah Bos Salim, yang menyambut baik tawaran dari Mahruz. Ia pun segera menemui calon donaturnya tersebut, untuk menjelaskan lebih rinci tentang rencana hubungan timbal balik antara keduanya. Namun ternyata pertemuan tersebut hanyalah sebuah siasat dari Bos Salim, yang sengaja menjebak Mahruz dengan sebuah kasus, kemudian mengancam akan membuka kasusnya ke publik jika Mahruz tidak mau menuruti perintahnya.
Judul : Kebelet Ngijing
Nama : Sigi Mawa Abigail
Tahun Produksi : 2024
Format : Film Fiksi
Sinopsis
Perwira (L,38) berdiri di depan makam ayahnya, Sumanto (L,72), pada malam hari. Ia mendengar suara Sumanto yang memanggilnya dan meminta batu nisan untuk makamnya. Perwira merasa panik dan ketakutan ketika melihat Sumanto muncul di depannya dalam kain kafan. Sementara itu, Aji (L,13) yang juga berada di depan makam Sumanto, mendengar suara Sumanto yang meminta dia untuk disunat. Aji pun merasa panik dan ketakutan ketika melihat Sumanto muncul di depannya. Mereka terbangun dengan terkejut, menyadari bahwa kejadian tersebut hanyalah mimpi yang dialami oleh Perwira dan Aji. Pada pagi harinya, rumah yang mereka tinggali tidak mencerminkan kehidupan harmonis ayah dan anak; mereka makan masing-masing dan Aji berangkat ke sekolah tanpa berpamitan. Di sekolah, Ibu Guru (P,28) mengumumkan bahwa kelas mereka akan menjadi petugas upacara minggu depan. Aji bersemangat untuk menjadi pemimpin upacara, tetapi tinggi badannya tidak mencukupi. Sepulang sekolah, Aji bersama Gibran (L,13) dan Wono (L,13) mencoba berbagai cara untuk menambah tinggi badan, sampai Gibran dan Wono menyarankan Aji untuk sunat. Tumini (P,32), istri Perwira, rela melakukan apapun demi anaknya namun tidak untuk Perwira. Setelah gagal meminta uang dari Tumini untuk membuat batu nisan, Perwira merencanakan pencucian uang dengan bantuan Gepeng (L,40), pegawai koperasi pinjaman. Perwira menukar uang hutang dengan uang sumbangan dari sunat Aji untuk membuat kijing atau batu nisan, demi menjaga agar uang tetap bersih menurut nilai agama dan budaya. Namun, usaha ini diketahui oleh Sumanto.
Judul : Panglong
Nama : Miftah Fauji
Tahun : 2024
Format : Skenario Film
Sinopsis
Jati, seorang pengusaha furnitur berusia 30 tahun, terpaksa menutup usahanya yang gagal. Pamannya menawarinya untuk mengelola panglong keluarga di desa terpencil Cipanggala. Meski dihantui trauma kematian tragis ayahnya di sana Jati tetap menerimanya. Bersama sahabatnya, Maman, Jati menemukan panglong tersembunyi di tengah hutan. Kejadian aneh dan mengerikan menghampiri mereka berdua. Maman tewas secara misterius, dan Jati mengalami serangkaian serangan serta fenomena menakutkan yang seolah mengincar nyawanya. Setiap malam, ia mendengar suara-suara aneh dan melihat bayangan menghantui panglong. Penduduk desa disana tampak menyembunyikan sesuatu tentang panglong. Perjalanan Jati mengungkap rahasia kelam masa lalu keluarganya, termasuk eksekusi seseorang oleh pamannya yang dituduh simpatisan PKI. Ternyata, teror ini berakar dari dendam lama yang tak pernah padam. Dalam konfrontasi akhir yang menegangkan, Jati mengungkap kebenaran di balik teror tersebut, namun trauma dan kenangan kelam terus menghantui panglong, menjadikannya tempat yang tak bisa lepas dari bayangan menakutkan.
.
Judul : The Lost Lizard Motorcycycle Club
Nama : Muhammad Farhan Febriyanto
Tahun : 2024
Format : Skenario Film
Sinopsis
Herlambang adalah seorang remaja yang berusaha mencari identitas dirinya di tengah tekanan lingkungan dan keluarganya. Meski memiliki sifat lembut dan tampak rapi, ia dipandang sebelah mata oleh ayahnya, seorang preman yang disegani. Dalam pencarian jati diri, Herlambang bersama temannya, Nurkholis, memutuskan bergabung dengan geng motor untuk membuktikan maskulinitas mereka. Bagi Herlambang, bergabung dengan geng motor adalah cara untuk mendapatkan pengakuan dan keberanian yang tidak ia dapatkan dari keluarganya. Proses inisiasi geng motor yang brutal tidak menyurutkan niatnya. Meskipun mengalami kekerasan, ia tetap bertekad untuk menjadi bagian dari kelompok tersebut demi mendapatkan validasi, meskipun hubungan dengan ayahnya tetap tegang. Konflik internal dalam geng motor memuncak ketika Herlambang dan Charlie memimpin penyerangan brutal terhadap markas musuh, hanya untuk dikhianati oleh Wawan, wakil ketua geng mereka. Penyerangan yang kacau balau menyebabkan banyak korban, termasuk Herlambang yang terluka parah dan dituduh oleh Wawan sebagai pengkhianat. Di tengah kekacauan, Herlambang berusaha melarikan diri, tetapi akhirnya dia dihadapkan pada realitas pahit bahwa jalan kekerasan tidak membawanya pada pengakuan yang ia cari. Terluka dan terjebak, Herlambang menyadari bahwa usahanya untuk membuktikan diri melalui geng motor tidak memberikan hasil yang diinginkannya.
.
Judul : Becekan
Nama : Luthfi Hidayat
Tahun : 2024
Format : Skenario Film
Sinopsis
Fida, seorang murid SMA berusia 17 tahun yang berprestasi dan bertekad melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, meski mendapat tentangan dari Doni, teman sekelas yang meremehkan perempuan. Bersama teman-temannya, Rini, Nita, dan Afi, Fida berusaha mengabaikan ejekan Doni. Ibunya, Yaisah, yang terdesak oleh kebutuhan ekonomi dan keinginan menang arisan, menerima tawaran perjodohan dari Bu Nur tanpa sepengetahuan Fida. Ketika Fida mendapat informasi tentang beasiswa dari Bu Sulis, ibunya tetap menolak menandatangani angket beasiswa. Kehidupan Fida semakin rumit saat Rahman, calon suami yang dijodohkan, terbukti memiliki niat buruk. Meskipun berusaha membuktikan keburukan Rahman, tekanan dari ibunya dan ibu-ibu arisan membuat Fida hampir menyerah pada mimpinya. Ketegangan memuncak saat Rahman mencoba melakukan kekerasan seksual terhadap Fida, namun ia diselamatkan. Yaisah akhirnya sadar dan, dengan bantuan Bu Sulis, membatalkan perjodohan dan mengembalikan semua barang yang diberikan Bu Nur. Fida diterima di kampus impiannya di Jogja, membuat ibu-ibu arisan yang menyaksikan kesuksesannya mulai menyadari pentingnya pendidikan tinggi. Mereka menyesali keputusan menikahkan anak-anak mereka terlalu dini. Fida berangkat kuliah, sementara Yaisah dan ibu-ibu arisan mengadakan yasinan di rumah Yaisah sebagai ganti pesta pernikahan, menandai perubahan pandangan mereka tentang pendidikan dan masa depan anak-anak mereka.
.
Judul : Analisis Properti Dan Akting/Pergerakan Tokoh Utama Film Hot Fuzz (2007) dalam Mendukung Humor Satire
Nama : Rudra Maitri
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Hot Fuzz adalah sebuah film satire yang mengolok-olok film-film aksi. Disutradarai oleh Edgar Wright, film ini mengandalkan humor visual untuk menyampaikan pesan satire terhadap genre film action. Wright, sebagai sutradara yang serba bisa, dikenal atas teknik-teknik inovatifnya untuk menciptakan komedi dan sekuens-sekuens action. Penelitian ini menganalisis bagaimana Hot Fuzz menyampaikan satire terhadap melalui penggunaan properti serta akting/pergerakan aktor. Hasil penelitian menemukan 12 sekuens-sekuens di mana penyampaian humor satire didukung oleh properti dan akting/pergerakan. Sekuens-sekuens ini meniru berbagai trope film aksi, menggunakan eksagerasi, dan memecah ketegangan dengan penyelesaian yang antiklimaks. Penelitian juga menemukan bagaimana hubungan antara dua elemen mise-en-scene berhubungan, yaitu dengan cara bersinggungan secara langsung, juga memiliki pola penyampaian serupa walau bertempatkan secara terpisah.
Kata kunci: Hot Fuzz, satire, genre film action, mise-en-scene, properti dan akting/pergerakan
.
Judul : Analisis Warna Retro pada Elemen Artistik sebagai Pendukung Visual Waktu Film Smugglers 2023
Nama : Fellina Surgawi
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Film “Smugglers” mengisahkan tentang sekelompok penyelam wanita yang terlibat dalam penyelundupan ilegal untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mendukung orang-orang di sekitar mereka. Salah satu aspek menarik dari film ini adalah penggunaan warna retro pada elemen artistiknya, yang memainkan peran penting dalam menggambarkan era 1970an secara visual. Pewarnaan yang tidak konvensional pada properti tertentu juga disesuaikan dengan palet warna yang dipilih untuk menambah kedalaman era tersebut. Penelitian ini, yang berjudul “Analisis Warna Retro pada Elemen Artistik sebagai Pendukung Visual dalam Film Smugglers,” bertujuan untuk menganalisis bagaimana warna, lebih dari sekadar bentuk properti, membantu memberikan identitas waktu dan memperkuat visualisasi era dalam cerita. Penelitian ini mengeksplorasi seberapa signifikan peranan warna dalam membentuk visual suatu zaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dalam kerangka penelitian kualitatif untuk menguji hipotesis terkait sampel yang dijadikan objek penelitian. Fokus analisis adalah pada warna retro dalam elemen artistik seperti setting ruang, pakaian, properti, tata rias, dan pencahayaan yang digunakan untuk mendukung visual waktu dalam film Smugglers. Berdasarkan hasil penelitian, proses identifikasi warna pada elemen artistik dan karakteristik warna retro yang ditemukan dalam film “Smugglers” menunjukkan bahwa film ini memiliki karakteristik warna retro yang kuat, sesuai dengan teori yang menjadi dasar penelitian ini. Dominasi warna retro dalam sampel yang diteliti menegaskan peran penting warna sebagai pendukung visual dalam menggambarkan waktu cerita, membuktikan hipotesis awal penelitian.
Kata kunci: film Smugglers, visual waktu, warna retro, elemen Artistik.
.
Judul : Pengaruh Konflik Terhadap Perubahan Komponen Karakter Tokoh Utama sebagai Representasi Penyintas Kekerasan Seksual dalam Film Penyalin Cahaya
Nama : Nur Listiani
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Film memiliki dua inti unsur, yaitu sinematik dan naratif. Narasi selalu mempunyai konflik untuk membentuk rangkaian cerita yang terjadi sepanjang film agar lebih menarik. Penelitian ini menganalisis perubahan karakter tokoh Suryani dalam film Penyalin Cahaya berdasarkan konflik yang dilaluinya dengan menggunakan sudut pandang teori 5 Stages of Grief Kubler Roos dan teori perubahan karakter Lajos Egri. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teori 5 Stages of Grief Kubler Roos sebagai teori utama. Data yang dikaji adalah seluruh konflik dalam film yang di reduksi menjadi tujuh konflik yang mewakili teori 5 Stages of Grief. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi konflik dengan kategorisasi adegan (scene) dalam film, menganalisis karakterisasi melalui teori tiga dimensi karakter, dan menyimpulkan proses perubahan karakter sebagai representasi penyintas kekerasan seksual yang terjadi sesuai dengan 5 tahapan kehilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Suryani mengalami perubahan karakter yang signifikan sepanjang film yang memicu rantai aksi-reaksi dari tokoh utama maupun karakter lainnya. Penggunaan teori 5 Stages of Grief dibantu dengan struktur plot enam tahap Michael Hauge membentuk proses runtut terhadap perubahan karakter dari perkenalan, situasi awal, proses, konflik, klimaks, dan situasi akhir.
Kata kunci: perubahan karakter, konflik, penyintas, Penyalin Cahaya
.
Judul : Studi Komparasi Terhadap Perubahan Ide dan Konsep Kreatif Tata Artistik Program Televisi Opera Van Java Era Original (2008 – 2014) dengan Era Reborn (2016 – 2021)
Nama : Rezahra Ilma Amalia Estadini
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Ide dan konsep kreatif memiliki pengaruh penting dalam program Televisi dengan tujuan untuk memperjelas maksud dan tujuan program tersebut dibuat tidak terkecuali dengan program televisi Opera Van Java. Menjadi program komedi populer di Indonesia Opera Van Java memiliki Ide dan Konsep kreatif yaitu mengadaptasikan unsur kebudayaan Jawa didalamnya dengan mengimplementasikan ke dalam tata artistik yaitu penggunaan properti, setting panggung, tata rias, tata busana, dan warna. Hadir dengan sinden, dalang, dan talent yang disebut dengan wayang orang kemudian kostum yang dikenakan oleh para pemain merupakan kostum tradisional. Setiap episodenya selalu berganti tema dengan menampilkan cerita rakyat, kerajaan, dan kebudayaan jawa khususnya Jawa. Tata panggung mengadaptasikan model gebyok ketika pemain tersebut tampil properti yang digunakan menyesuaikan dengan cerita didukung oleh iringan musik oleh homeband dengan permainan gamelan didalamnya dan juga adanya dua orang sinden sehingga terciptanya suasana yang kental dengan unsur tradisional Jawa. Agar terciptanya komedi tentunya Opera Van Java menghadirkan para comedian yaitu Andre Taulany, Aziz Gagap, Nunung, Parto dan Sule. Opera Van Java di Era awal ini kemudian dikenal dengan Opera Van Java Era Original yang tayang pada tahun 2008-2014. Seiring berjalannya waktu terdapat perubahan yang cukup signifikan dari Opera Van Java yaitu sudah tidak lagi mengadaptasikan unsur kebudayaan Jawa didalamnya yaitu pada tata artistik. Perubahan yang sangat terlihat adalah Tata Panggung tidak lagi menggunakan model gebyok tetapi sebuah set panggung yang luas dengan layar plasma, kostum yang digunakan oleh para pemain sudah lebih modern tidak adanya home band dengan iringan gamelan dan juga dua orang sinden, perubahan yang paling krusial adalah dari segi cerita di setiap episodenya berbeda saat ini Opera Van Java memiliki cakupan yang lebih luas dengan menghadirkan gimmick berupa berita yang tengah hangat menjadi perbincangan masyarakat dengan reality show, cosplay menjadi figure terkenal, adegan hipnotis dan juga prank.Untuk para komedian Opera Van Java Era Reborn menghadirkan Aziz Gagap, Anwar BAB, Denny Cagur, Mpok Alpha, Parto dan Rina Nose. Peran Parto pun sudah tidak lagi menjadi dalang meskipun berhasil memancing gelak tawa dari penonton akan tetapi program Opera Van Java Era Reborn tahun 2016 hingga tahun 2021 kehilangan jati dirinya sebagai program televisi yang mengadaptasikan unsur kebudayaan Jawa didalamnya.
.
Judul : Analisis Peran Karakter Utama Sebagai Pemicu Konflik dalam Grafik Cerita pada Film “Orphan”
Nama : Shafa Mega Cahya Kamila
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Penelitian yang berjudul Analisis Peran Karakter Utama Sebagai Pemicu Konflik Dalam Grafik Cerita pada Film “Orphan” ini bertujuan untuk menjabarkan konflik apa saja yang muncul melalui relasi tokoh utama, mengidentifikasi jenis konflik, mencari pemicu dan pelaku pada tokoh utama, dan mencari mengapa tokoh utama dapat menjadi pemicu konflik. Dalam menganalisa data, penelitian ini menggunakan teori-teori tentang grafik cerita Elizabeth Lutter II & Aristoteles, menggunakan teori konflik dari Linda Seger, serta teori tentang karakter oleh Nurgiyantoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada konflik yang terjadi melalui relasi tokoh utama, baik tokoh utama dengan tokoh utama maupun tokoh utama dengan tokoh tambahan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan secara langsung pada film yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 29 konflik yang terdapat melalui relasi karakter utama dengan tiga jenis konflik yaitu konflik hubungan personal, konflik batin dan konflik masyarakat. Konflik terbesar yang dihadapi oleh tokoh utama adalah konflik hubungan personal yaitu, “keinginan Esther untuk memiliki John, sementara Kate menginginkan keluarganya”. Konflik yang terjadi dipengaruhi oleh siapa yang menciptakan konflik. Pemicu dan pelaku ini membentuk karakter utama dalam bagaimana dapat menjadikan konflik antar tokoh utama semakin kuat dan intensitasnya cukup naik.
.
Judul : Analisis Penggunaan Kamera Handheld sebagai Visualisasi Sudut Pandang Tokoh Utama pada Seri “Black Mirror-The Entire History Of You
Nama : Rezqi Andrya Pahlevy
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Kamera Handheld dalam Sinematografi adalah salah satu unsur dalam Conceptual tools yang berperan penting untuk membentuk Visual Naratif. Berdasarkan unsur – unsur yang digunakan sehingga menjadikan suatu visual yang memiliki motivasi di dalamnya. Bertujuan agar pesan dari suatu naskah dapat tersampaikan dengan efektif. Penerapan kamera Handheld ini bermotivasi melibatkan penonton dengan situasi yang sedang dibangun dan terjadi di dalam sebuah film tersebut. Skripsi karya seni yang berjudul Analisis Penggunaan Kamera Handheld Sebagai Visualisasi Sudut Pandang Tokoh Utama Dalam Series “BLACK MIRROR – THE ENTIRE HISTORY OF YOU” Ini bertujuan untuk memaparkan motivasi penggunaan Teknik Kamera Handheld untuk mengajak penonton merasakan situasi yang dirasakan oleh tokoh dalam film tersebut.
.
Judul : Persepsi Auditori Film Dokumenter Animasi Eksperimental Pendek “Scum Mutation” (2020)
Nama : Azalia Syahputri Hartono
Tahun : 2024
Format : Kajian Film
Abstrak
Film “Scum Mutation” merupakan film dokumenter animasi pendek yang dirilis pada tahun 2020 dan disutradarai oleh Ov. Film “Scum Mutation” menggambarkan secara pengalaman sutradara mengikuti protes dan gangguan stress pascatrauma yang muncul setelahnya dengan menggunakan animasi dan rekaman suara selama mengikuti protes di tahun 2018-2020. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi auditori dalam film “Scum Mutation” dengan membaca babak naratif dan moda mendengar, yang ditinjau menggunakan teori babak naratif Tzvetan Todorov dan teori moda mendengar Michel Chion.
Hasil penelitian ini menunjukkan narasi yang dihaturkan dalam film ini dihadirkan melalui kombinasi antara animasi tiga dimensi, teks yang muncul sepanjang film, dan suara rekaman (field recording) saat sutradara melakukan protes. Unsur-unsur tersebut menimbulkan moda semantik yang dominan muncul sepanjang film, dan moda kausal tidak pernah muncul sepanjang film. Dengan frekuensi moda semantik yang terus muncul, diperlukan proses pemahaman yang lebih lama apabila dibandingkan dengan moda kausal, sehingga mempengaruhi pemahaman terhadap keseluruhan narasi yang ada dalam film “Scum Mutation”. Pembacaan unsur-unsur penghaturan narasi dan proses moda mendengar diperoleh dari observasi terhadap film yang dilakukan secara berulang- ulang.
Kata kunci: film Scum Mutation, Dokumenter Animasi Eksperimental, Persepsi Auditori, Babak Naratif Tzvetan Todorov, Moda Mendengar Michel Chion
.