Judul :  Enggreng
Nama : Anjas Bagus Pratomo
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Dokumenter

Sinopsis

Film dokumenter “Enggreng” memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia melalui lensa kesenian tradisional yang hampir punah, dengan fokus pada kesenian Enggreng di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Film ini mengisahkan perjuangan melestarikan Enggreng, sebuah warisan budaya berharga yang hampir punah di tengah ancaman kehilangan minat dari generasi muda yang lebih tertarik pada hiburan modern. Seperti pertunjukan wayang orang, Enggreng membawa penonton ke dalam kisah epik tentang perjuangan umat Islam dalam menyebarkan agama Islam, namun menghadapi tantangan unik, termasuk kurangnya minat dari generasi muda. Dengan menggunakan pendekatan partisipatori, pembuat film secara mendalam menjelajahi aspek-aspek menarik tentang Enggreng, seperti asal-usulnya, makna simbolis, dan peranannya dalam komunitas lokal. Bersama pelaku seni Enggreng, film ini mengungkap nuansa, cerita, dan makna yang mungkin terlewatkan jika hanya dilihat dari luar. Kolaborasi antara pembuat film, pelaku seni, dan anggota komunitas tidak hanya menghadirkan gambaran yang lebih mendalam, tetapi juga mencari solusi yang terinformasi dan realistis untuk melestarikan kesenian ini. “Enggreng” tidak hanya menggugah kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya sendiri, tetapi juga mengajak penonton untuk menghargai nilai-nilai budaya lokal serta menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan menjaga kesenian tradisional di Indonesia.

Judul :  As The Hours Pass
Nama : Jae Khoirun Sirfefa
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Dokumenter

Sinopsis

Film dokumenter As The Hours Pass menceritakan tentang kehidupan dua orang kakak beradik penyandang albino, yaitu Hina Prayogo (43) dan Yokis Prayogo (36), yang masih tinggal bersama dalam satu rumah hingga saat ini. Yogo bekerja sebagai pemain cajon dan pembersih futsal court, sedangkan Yokis bekerja sebagai penjual bubur ayam serta bersama istrinya membuka warung makan di samping rumah mereka. Yokis sudah menikah dan mempunyai seorang anak perempuan yang terlahir normal. Berbeda dengan sang adik, Yogo belum menikah di umurnya yang sudah tidak muda lagi. Film ini akan memperlihatkan perbandingan kehidupan antara Yogo dan Yokis serta menunjukkan konsep penerimaan diri mereka yang berbeda satu sama lain. Melalui pendekatan observasional, Yogo dan Yokis sepenuhnya memegang kendali penuh terhadap setiap momen yang terjadi dalam film ini.

Judul :  There is No Safe Place
Nama : Hendra Hidayat
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Suci (27 tahun) pulang dalam keadaan kacau setelah dilecehkan oleh salah satu manager di perusahaannya yaitu Sigit, saat sedang dinas ke luar kota. Suci merasa frustasi, marah, dan ketakutan akibat kejadian tersebut. Keadaan Suci semakin sulit saat Sigit mulai mengirimkan pesan ancaman melalui chat dan voice note.

Judul :  Gandrung Temu
Nama : Hasya Puspita Maharani
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Dokumenter

Sinopsis

Film dokumenter Gandrung Temu menceritakan penari Gandrung wanita bernama Temu Misti. Bagaimana kehidupan Temu Misti yang dijuluki sebagai maestro Gandrung di Banyuwangi. Dalam perjalanannya, film ini akan mengulik dan melihat bagaimana tari Gandrung saat ini dimata Temu Misti dengan berbagai permasalahan dan tantangan yang ia hadapi.

Judul :  Warisan
Nama : Nala Alya Faradisa
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Dokumenter

Sinopsis

Apa yang membuat sebuah keluarga ‘fungsional’? Keharmonisannya, atau justru luka-lukanya? Tumbuh di keluarga ‘tidak biasa’ membuat Fara (22) dan Faiz (30) biasa menyembunyikan duka dan luka. Tak disangka, luka yang mereka simpan berasal dari sumber yang sama: sosok ibu yang mengubur traumanya.

Judul :  Yang Tak Kunjung Mendarat
Nama : Vicidian Putri Pratama
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Damar (10 tahun) dan ayahnya, Seto (36 tahun) hidup berdua di sebuah rumah sederhana di desa yang terletak tidak jauh dengan bandara. Sudah hampir 8 tahun Damar hidup hanya dengan ayahnya lantaran ditinggal oleh ibunya, Rini (33 tahun) yang bekerja di luar negeri sebagai TKI karena kondisi ekonomi mereka yang jauh dari kata mapan. Saat hari menjelang kepulangan Rini, Seto justru mendapat surat dari agen tempat istrinya bekerja yang berisi perpanjangan kontrak. Sudah dua minggu istrinya tidak ada kabar dan juga telat mengirimkan uang bulanan. Ditengah keterpurukan Seto dan Damar, Rini menelepon namun bukan kabar baik melainkan pembicaraan yang menimbulkan pertikaian antara Seto dan Rini. Suasana semakin runyam, Damar tetap membutuhkan kehadiran sosok dan peran Ibu disampingnya. Di hari kepulangan Rini, Seto masih menaruh harap akhirnya Seto mengajak Damar pergi untuk melihat pesawat di belakang ladang bandara. Beberapa saat kemudian muncul panggilan telepon dengan nama kontak “Bojoku ”

Judul :  DigiTime
Nama : Fahry Ryandhani Abie
Tahun Produksi : 2023
Format : Program Televisi

Sinopsis

Dunia sedang mengalami revolusi yang mengubah cara manusia berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja. Dengan memanfaatkan teknologi, transformasi digital telah memungkinkan terjadinya inovasi dalam berbagai hal. Program “DigiTime” menyuguhkan diskusi seputar transformasi digital dan aspek-aspek yang perlu dipersiapkan untuk menjadi digital talent berkualitas yang dapat bersaing. Seseorang yang berkompetensi dalam bidang teknologi digital di industri terkait diundang untuk menjadi narasumber pada setiap episodenya.

Judul :  Keluarga Tidak Berencana
Nama : Usamah Afif
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Agung dan Ajeng, Sepasang pengantin baru menikah sedang berusaha melebur kehidupan mereka pasca pernikahan, cara pandang dan kebiasaan hidup sebelum pernikahan mencoba mereka satukan dalam rumah tangga baru, namun perbedaan pendapat dan pengambilan keputusan membuat mereka masih belum satu tujuan, terjadi beberapa permasalahan dan gejolak dalam menjalani kehidupan pernikahan, hingga mereka mencoba menyatukan pendapat pada rencana anak pertamanya.

Judul :  Geger Perikoloso
Nama : Indigo Gabriel Zulkarnain
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Koesno seorang anak laki-laki, terjebak dalam mimpinya dan identitas keluarganya. Ia adalah anak politisi lokal islam-konservatif, yang ikut dalam kelompok tari Lekra di desanya. Perjuangannya mencari jati diri harus terbentur oleh instabilitas politik yang membawa ia dan keluarganya dalam bahaya.

Judul :  Pencopet Surga
Nama : Achmad Faishol Manafi’us Shofa
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Sugeng (55) seorang penjaga mushola pasar, berusaha untuk menjaga dan memperbanyak isi kotak amal , namun hal tersebut membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dengan keberadaanya. Sugeng pun bersiasat dengan caranya sendiri.

Judul :  Jalan Kita Beda
Nama : I Putu Gde Oka Widnyana
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Dika dan Yuni adalah sepasang kekasih yang menjalani hubungan pacaran selama kuliah. Namun hubungan yang mereka jalani adalah hubungan pacaran beda agama. Hal ini membuat banyak keraguan diantara mereka dalam menjalani hubungan. Dika adalah seorang pemuda beragama Hindu yang berasal dari Bali. Ia kuliah di jurusan fotografi. Sementara Yuni adalah mahasiswi desain produk yang lahir dan besar di keluarga muslim. Orang tua Yuni menginginkan Yuni untuk menikah dengan pria muslim agar bisa menjadi imam yang baik untuknya. Dika sendiri beberapa kali diingatkan untuk mencari wanita Bali, atau setidaknya wanita yang mau belajar dan beradaptasi dengan Budaya Bali. Walau kondisinya seperti itu, Dika dan Yuni tetap menjalani hubungan pacaran. Suatu hari Yuni mulai mengajak Dika untuk membicarakan masa depan mereka. Mereka terlibat dalam obrolan yang cukup panjang. Ibu Dika juga pernah menelpon Dika dan meminta agar Dika mengajak pacarnya ke Bali. Hal ini menjadi masa yang berat untuk mereka berdua. Akhirnya mereka mengambil keputusan untuk berpisah setelah lulus kuliah. mereka akhirnya meneruskan hidup masing-masing. Yuni melanjutkan pendidikan sementara Dika memilih untuk pulang ke Bali.

Judul :  Behind the Stage
Nama : Gandith Mohammad Ath Thaariq
Tahun Produksi : 2023
Format : Film Fiksi

Sinopsis

Zain merupakan seorang Stage Manager yang dipercaya untuk mengelola sebuah pertunjukan. Namun di sisi lain, Zain berhadapan dengan masalah keluarga di rumah yang mengharuskan dia selalu absen untuk mengelola pertunjukan. Ketika malam gladi resik, Zain akhirnya datang untuk benar-benar menyukseskan pertunjukan sebelum terlambat. Sayangnya semua kru pertunjukan tidak mempercayainya lagi, semua orang membenci Zain tanpa tahu alasan ketidakhadirannya.

Judul :  Analisis Efek Visual dalam Membangun Realitas Aktual dan Realitas Virtual pada Film “Ready Player One”
Nama : Ainur Afis Ramadhan
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan efek visual sebagai fondasi utama dalam membangun dan membedakan realitas aktual (Ohio Columbus) dan realitas virtual (Dunia Permainan Oasis) dalam film “Ready Player One“. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efek visual, seperti Fix it Shot, Screen insert, Rig Removal & Periode Cleanup, Set extensions, Crowd simulation, Action Elements, dan Advanced VFX, memainkan peran kunci dalam membentuk kedua realitas tersebut.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasi non-partisipan terhadap seluruh adegan film untuk mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan efek visual dalam membedakan realitas aktual dan virtual. Dengan pendekatan dokumentasi, elemen efek visual yang digunakan dalam membangun setiap realitas dalam film direkam dan dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek visual memainkan peran krusial dalam menciptakan perbedaan yang signifikan antara realitas aktual dan realitas virtual. Realitas aktual, yang digambarkan sebagai dunia distopia yang kumuh dan penuh polusi, diwujudkan melalui penggunaan efek Visible Effect & Invisble Effect. Sementara itu, realitas virtual dalam dunia Oasis menawarkan lingkungan yang beragam dan menarik, dengan fokus pada Desain Grafis, pembentukan karakter, tekstur, pencahayaan, dan animasi.

Temuan penelitian ini menekankan bahwa efek visual bukan hanya tambahan visual semata, melainkan merupakan alat utama dalam membentuk, memperkuat, dan mendukung naratif film. Melalui penggunaan efek visual yang tepat, film mampu memberikan kontras yang jelas antara kedua realitas tersebut, menciptakan pengalaman visual yang memukau, serta mendukung penceritaan yang kuat. Efek visual bukan hanya elemen tambahan, tetapi juga merupakan fondasi yang esensial dalam menggambarkan kedua realitas secara keseluruhan

.

Judul :  Analisis Pengaruh Konstruksi Plot dalam Membangun Emosi Sedih pada Film “Pawn”
Nama : Muhammad Ridho Febrianur
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Film sebagai seni merupakan sebuah media penyaluran berbagai pemikiran dan luapan emosi dari sang pembuatnya kepada para penontonnya. Film dibentuk dari berbagai unsur pembentuknya salah satunya adalah plot. Film Pawn merupakan salah satu film Korea Selatan yang berhasil membuat penontonnya berlinang air mata dengan pola plot non-linier beralur maju-mundur. Penelitian ini berusaha untuk mencari tahu ada atau tidaknya pengaruh konstruksi plot dalam membangun emosi sedih dan bentuk plot yang paling sesuai dalam membangun emosi sedih pada film Pawn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi terhadap konstruksi plot film Pawn untuk mendapatkan tiga versi konstruksi plot yang berbeda. Penelitian ini mengadopsi teknik pengambilan data berupa coding dari analisis isi dengan bantuan coders berupa mahasiswa ISI Yogyakarta berjumlah enam orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi plot berpengaruh dalam membangun emosi sedih. Konstruksi plot film Pawn original merupakan konstruksi plot terbaik dalam membangun emosi sedih dan memberikan dampak terbaik dibandingkan hasil eksperimen atau konstruksi plot rekayasa yang telah dibuat. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan konstruksi plot sehingga mengubah urutan atau aliran informasi yang diterima dalam film Pawn. Hal itu mengakibatkan terjadinya perubahan empati terhadap tokoh-tokoh dalam film Pawn untuk membangkitkan emosi sedih..

.

Judul :  Analisis Konflik Tokoh Utama Dalam Membangun Curiosity Pada Drama Korea The Glory (2022)
Nama : Muhammad Rifqi
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Penelitian ini fokus pada analisis konflik tokoh utama dalam drama Korea berjudul “The Glory” dengan tujuan untuk memahami bagaimana konflik tersebut membangun rasa Curiosity pada penonton. Dengan menggunakan teori konflik oleh Linda Seger, penelitian ini mengidentifikasi motivasi, aksi, tujuan, dan konflik yang dihadapi oleh tokoh utama. Selanjutnya, teori Curiosity oleh Misbach Yusa Biran digunakan untuk mengeksplorasi aspek seperti masalah berisiko tinggi, penutupan informasi, sesuatu yang tidak lazim/unik, dan permasalahan berlapis dalam drama. Metodologi yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Proses penelitian dimulai dengan analisis mendalam terhadap drama Korea The Glory, mengamati konflik yang dihadapi oleh tokoh utama dalam berbagai scene, dan menganalisis bagaimana konflik tersebut membangun rasa curiosity pada penonton. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa ada 70 sekuen yang terdapat konflik pada tokoh utama. Bentuk konflik yang terjadi ada konflik batin dan konflik relasi. Aspek curiosity yang sering muncul pada drama Korea The Glory adalah penutupan sebagian informasi dan masalah yang beresiko tinggi. Penutupan sebagian informasi terjadi saat adanya informasi yang tidak diberikan kepada penonton dengan memotong scene di tengah dialog. Masalah beresiko tinggi muncul saat tokoh utama harus menghadapi tokoh lain yang memiliki “power” lebih tinggi dan trauma tokoh utama yang menjadi penghambat.

.

Judul :  Analisis Dimensi Psikologis Karakter Eun-Hee Melalui Aksi dan Reaksi Karakter dalam Konflik pada Film “House of Hummingbird”
Nama : Okada Domi
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Konflik dan karakter merupakan kedua aspek dalam unsur naratif pada film. Karakter sebagai penggerak cerita sedangkan konflik digunakan untuk mendorong cerita lebih lagi dan menguji tujuan karakter. Penelitian ini akan menganalisis film berjudul “House of Hummingbird” disutradarai oleh Kim Bo-Ra dan film ini memenangkan beberapa penghargaan seperti Best Directing, dan Best Film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dimensi psikologis karakter Eun-Hee, dilihat dari aksi dan reaksi karakter Eun-Hee dalam konflik di film House of Hummingbird. Penelitian ini menganalisis karakter utama yaitu Eun-Hee dalam film House of Hummingbird bergenre Coming of Age Drama, menceritakan tentang kehidupan dari sudut pandang karakter remaja perempuan bernama Eun-Hee. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teori dimensi psikologis Lajos Egri dan teori perkembangan psikososial Erik Erikson. Data yang dikaji adalah scene-scene yang memiliki konflik dan melihat aksi dan reaksi karakter Eun-hee dalam konflik. Hasil dari penelitian ini, beberapa aspek dimensi psikologis Eun-Hee tercerminkan, dan aspek seperti kemampuan dan I.Q. tidak dapat dicerminkan jika dilihat melalui aksi dan reaksi karakter Eun-Hee. Dalam analisis, karakter Eun-Hee mengalami tahap kebingungan peran yang ditinjau menggunakan teori psikososial Erikson dilihat dari bagaimana aksi dan reaksi karakter Eun-Hee dalam konflik.

.

Judul :  Celeng di Padang Tandus
Nama : Tinneke Sysna Liendawati
Tahun : 2023
Format : Skenario

Sinopsis

Sarah (22) adalah seorang penjaga toko lulusan SMA. Keterbatasan ekonomi membuatnya tidak bisa melanjutkan kuliah, sehingga Ia kesusahan mendapat pekerjaan yang memiliki gaji tinggi. Bapak (45) bekerja sebagai buruh tani di lahan orang lain. Hidup di tempat yang tandus atau kering membuat hasil panen sering gagal. Gagal panen membuat perekonomian keluarga Sarah memburuk. Ibu selalu menuntut Bapak untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, tanpa peduli masa sulit yang sedang dihadapi. Masa kekeringan dan gagal panen seperti ini membuat bahan pangan naik, namun gaji pekerja tetap. Harta menjadi sangat berharga untuk bertahan hidup, tak jarang menimbulkan kecemburuan sosial dan konflik. Salah satunya adalah konflik harta warisan. Sarah ingin merebut warisan Kakek yang dikuasai paman dan bibinya. Setelah meninggal, Kakek meninggalkan warisan berupa harta dan tanah untuk anak-anaknya. Namun, warisan tersebut dikuasai sepihak oleh Om Arman dan Tante Narti. Om Arman mencalonkan diri sebagai anggota dewan, membuatnya nekat menjual tanah hak warisan Bapak tanpa izin sebagai modal kampanye. Sarah merasa tidak terima karena bagaimanapun juga seharusnya tanah tersebut menjadi hak warisan untuk Bapak. Ia pun melakukan perjalanan waktu menembus masa lalu untuk mengambil warisan tersebut sebelum dikuasai paman dan bibinya. Perjalanan Sarah ke masa lalu dibantu oleh seorang dukun yang dikenalkan oleh temannya, Maya. Sarah pergi ke masa lalu di tahun 2000, di mana warisan Kakek masih utuh, belum diambil alih oleh Om Arman dan Tante Narti. Di masa lalu ini terbongkar rahasia mengapa Bapak dijauhi Kakek, Om Arman serta Tante Narti, yaitu karena Bapak menghamili Ibu di luar nikah. Bapak kemudian diusir dari rumah. Hingga Bapak sudah menua hubungannya denga keluarganya masih renggang. Namun, Sarah tidak peduli, Ia tetap ingin mengambil harta Kakek. Ia kemudian melakukan misi pencuriannya ke masa lalu. Dalam misi pencuriannya ini, perjalanan Sarah tidak mulus. Misinya dihalangi oleh Om Arman dan seorang polisi pemberantas kejahatan, Bimo. Bimo menyukai Sarah sedangkan Ia adalah seorang polisi. Maka, setelah Ia mengetahui niat buruk Sarah, Ia menghalangi rencana Sarah karena keberadaannya sebagai penegak hukum. Setelah beberapa kali gagal, akhirnya Sarah berhasil mencuri harta Kakek saat acara malam 17-an. Ia berhasil mengelabuhi Om Arman dan Bimo di masa lalu. Ia kemudian membawa harta tersebut ke masa depan melalui lemari teleportasi. Sesampainya di masa depan, ternyata tatanan kejadian yang diubah Sarah di masa lalu mempengaruhi kejadian yang terjadi di masa depan. Di masa lalu, Om Arman meninggal tertabrak truk ketika mengejar Sarah saat mencuri harta. Toko kakek akhirnya bangkrut karena kehilangan modal. Kakek dan Tante Narti kemudian pergi berpindah rumah. Di masa depan tidak ada lagi Kakek, Om Arman dan Tante Narti di hidup Sarah. Selanjutnya, di masa depan banyak kejadian yang Sarah tinggalkan selama Ia menjelajah waktu ke masa lalu. Ibu pergi dari rumah karena konflik ekonomi dengan Bapak. Bapak merasa sendiri dan kesepian ditinggal anak dan istrinya, Ia pun menikah lagi dengan Wien, teman SMA-nya yang Ia temui kembali saat reuni. Sarah merasa sedih dan menyesal atas keputusannya kembali ke masa lalu. Namun, di tengah kesedihannya ini, Ia bertemu kembali dengan Bimo yang sudah menua di masa depan. Kehadiran Bimo menjadi titik balik bagi Sarah bahwa keserakahannya telah mengantarkan pada hal yang sia–sia.

.

Judul :  Fungsi Tata Rias dan Kostum untuk Membentuk Dua Karakter Berbeda dalam Satu Tokoh Utama Film Cruella
Nama : Inggritha Bonita N.P.
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Film Cruella adalah sebuah film adaptasi dari novel 101 Dalmatians
yang menceritakan tentang asal-usul Cruella de Vil. Film ini menampilkan dua
karakter yang berbeda dalam satu tokoh utama, yaitu Estella dan Cruella yang
memiliki kepribadian, cita-cita, dan penampilan yang berlawanan. Skripsi ini
bertujuan untuk mengkaji fungsi tata rias dan kostum dalam membentuk dua
karakter tersebut.
Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk merumuskan kajian
bagaimana dua karakter berbeda yaitu Estella dan Cruella dalam satu tokoh

utama dapat dibentuk melalui kostum dan tata rias. Data berupa gambar-
gambar setiap pergantian kostum dan tata rias yang digunakan oleh Estella dan

Cruella dalam film tersebut dikumpulkan. Kemudian data tersebut akan
dianalisis menggunakan teori tata rias dan kostum dalam penelitian yang lebih
mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata rias dan kostum berperan
penting dalam membentuk karakter Estella dan Cruella, memiliki ciri khas yang
kontras berbeda dalam kostum dan tata rias. Estella digambarkan sebagai
karakter yang sederhana, sopan, dan berbakat, sedangkan Cruella digambarkan
sebagai karakter yang pemberontak, radikal, dan ambisius. Tata rias dan kostum
juga menunjukkan perubahan dan perkembangan karakter Estella dan Cruella
seiring dengan alur cerita film. Skripsi ini memberikan kontribusi dalam
pengkajian seni, khususnya dalam bidang tata rias dan kostum film.

.

Judul :  Analisis Komposisi Asimetri Dalam Mendukung Suspense pada Film Serial Mr. Robot Season 4
Nama : Novera Athif Mahendra
Tahun : 2023
Format : Kajian Film

Abstrak

Mr. Robot” adalah serial televisi drama thriller Amerika yang dibuat oleh Sam Esmail untuk USA Network menceritakan seorang insinyur keamanan siber dan peretas dengan gangguan kecemasan sosial, depresi klinis, dan gangguan identitas disosiatif. Elliot direkrut oleh seorang anarkis pemberontak yang dikenal sebagai “Mr. Robot”. Film ini bergenre drama dan thriller sehingga penonton akan merasakan banyak ketegangan setelahnya. Penelitian berjudul “Analisis Komposisi Asimetri Dalam Mendukung Suspense pada Serial Film Mr. Robot Season 4” bertujuan untuk mengetahui konsep komposisi asimetri dalam mendukung dramatik suspense pada film Mr. Robot Season 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paparan deskriptif sebagai upaya mendeskripsikan data yang diperoleh dalam bentuk kata-kata dan bahasa untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara lengkap. Setelah melakukan proses analisis, akan terbentuk sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa karakter seringkali dihadapkan pada ancaman bahaya dan ketidaktahuannya akan datangnya bahaya tersebut, sehingga memunculkan rasa simpati penonton. Penonton mengikuti karakter dan merasakan keterlibatan emosional dengan karakter tersebut. Suspense seringkali dihasilkan dengan ditunjukan dengan komposisi asimetri kepada karakter yang sedang dihadapi bahaya, dan scene yamg menunjukan bahaya sedang mendekatinya.

.