SKRIPSI PENGKAJIAN

Judul :  Paradoksal Manusia di Balik Penanda Body Dysmorphic Disorder Melalui Karakter Elisabeth Sparkle dalam Film “The Substance” (2024) Ditinjau dengan Semiotika Roland Barthes
Nama : Regina Advenia Cahyaningrum
Tahun Penelitian : 2025

Abstrak

Penelitian ini membahas dampak standar kecantikan yang tidak realistis terhadap kondisi psikologis masyarakat, khususnya perempuan, dengan fokus pada gangguan body dysmorphic disorder (BDD). Melalui film The Substance karya Coralie Fargeat, karakter Elisabeth Sparkle dan versi dirinya yang lain dianalisis sebagai representasi penderita BDD. Penelitian ini menggunakan metode observasi deskriptif, terfokus, dan terseleksi serta analisis semiotika dua tahap Roland Barthes yang didukung oleh teori DSM-5-TR dan konsep paradoksal manusia untuk mengidentifikasi dan memahami gejala-gejala BDD yang ditampilkan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa karakter-karakter dalam film mengalami berbagai gejala BDD seperti bercermin berlebihan, membandingkan penampilan, penggunaan zat untuk mengubah fisik, hingga skin picking dan kebutuhan validasi. Gejala ini dikaitkan dengan tekanan standar kecantikan Hollywood, yang dalam konteks semiotik menunjukkan mitos (makna ideologis tentang paradoksal manusia, usaha mengejar kesempurnaan yang justru membawa kehancuran diri karena kesempurnaan itu sendiri tidak pernah benar-benar dapat dicapai.

Judul :  Analisis Kostum Tokoh Badrun Sebagai Penggerak Cerita pada Film Badrun & Loundri (2023)
Nama : Abdul Rahman
Tahun Penelitian : 2025

Abstrak

Film Badrun & Loundri merupakan salah satu karya Garin Nugroho yang mengangkat isu sosial-politik dengan pendekatan kritik terhadap agama dan kekuasaan. Daya tarik film ini terletak pada penggunaan kostum tokoh utamanya, Badrun, yang tampil mencolok dan bervariasi. Kostum dalam film tidak hanya berfungsi sebagai penanda identitas karakter, tetapi juga memiliki peran sebagai penggerak cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kostum yang dikenakan oleh tokoh utama dan menganalisis bagaimana kostum tersebut memengaruhi pergerakan cerita dalam film.

Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan fokus pada adegan-adegan yang menampilkan tokoh Badrun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan observasi langsung terhadap film. Data dianalisis menggunakan teori kostum serta plot dari David Bordwell dan Kristin Thompson, teori kostum sebagai penggerak cerita dari Himawan Pratista, teori tiga dimensi karakter dari Egri Lajos, kategori kostum dari RMA. Harymawan, teori warna dari Sadjiman Ebdi Sanyoto, serta teori atribusi dari Fritz Heider. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 variasi kostum yang dikenakan oleh tokoh Badrun sepanjang film. Variasi kostum tersebut diklasifikasikan ke dalam tiga tipe utama, yaitu kostum orang biasa, kostum Tuan Guru, dan kostum Polisi. Melalui pembagian segmentasi plot ke dalam lima bagian utama, ditemukan bahwa kostum yang dikenakan Badrun memiliki peran aktif dalam mendorong perkembangan cerita film secara keseluruhan.

Judul :  Analisis Dinamika Emosi Karakter Utama Melalui Perubahan Skema Warna Pada Artistik Film Jojo Rabbit (2019)

Nama : Imanuel Nikolas Sanbinart
Tahun Penelitian : 2025

Abstrak

*Jojo Rabbit* adalah sebuah film satir anti-perang yang disutradarai oleh Taika Waititi, yang juga berperan sebagai Adolf Hitler dalam versi imajinasi Jojo, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun. Film ini berlatar belakang Jerman pada akhir Perang Dunia II dan mengikuti perjalanan Jojo Betzler, seorang anak yang terobsesi dengan ideologi Nazi dan sangat ingin menjadi bagian dari Hitler Youth. Suatu hari, Jojo mengetahui bahwa ibunya, Rosie, diam-diam menyembunyikan seorang gadis Yahudi bernama Elsa di rumah mereka. Awalnya, Jojo merasa terancam dan bingung dengan keberadaan Elsa, tetapi seiring waktu, ia mulai meragukan ajaran Nazi yang telah ia yakini.

Jojo berjuang dengan konflik batin antara keyakinannya dan kenyataan yang ada di depan matanya, terutama setelah hubungan emosionalnya dengan Elsa berkembang. Sementara itu, “Hitler Imajiner” Jojo—versi fantasi yang ia ciptakan—terus memberikan nasihat yang konyol namun menggelitik, menambah elemen humor dalam film ini. Seiring cerita berkembang, Jojo menghadapi pergeseran pandangan yang signifikan tentang dunia, kekuatan persahabatan, dan kemanusiaan. Film ini menggabungkan komedi dengan pesan-pesan mendalam tentang kebencian, pemahaman, dan penerimaan.

Judul :  PENERAPAN PENCERITAAN TERBATAS DALAM MISE-EN-SCÈNE FILM HOROR EKSPERIMENTAL “SKINAMARINK” (2022)

Nama : Rossita Wening Anggraeni
Tahun Penelitian : 2025

Abstrak

Penelitian ini mengkaji penerapan penceritaan terbatas dalam Mise-en-scène pada film horor eksperimental Skinamarink (2022) karya Kyle Edward Ball. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif dan analisis naratif menurut David Bordwell, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk penceritaan terbatas dalam film serta bagaimana strategi tersebut diwujudkan melalui elemen visual Mise-en-scène, mencakup Setting, kostum dan tata rias, pencahayaan, serta staging. Film ini secara radikal membatasi aliran informasi melalui sudut pandang karakter anak, yang selanjutnya membentuk pengalaman menonton yang subjektif dan eksistensial.
Hasil penelitian menunjukkan elemen mise-en-scène dalam film ini berperan sebagai latar visual dan medium utama dalam menyampaikan keterbatasan informasi. Setting tidak koheren, pencahayaan rendah yang membatasi visibilitas, penggunaan kostum yang minimalis, serta absennya tubuh karakter secara utuh membentuk visual yang kabur dan menekan secara emosional. Elemen-elemen tersebut menciptakan ruang naratif yang tertutup dan disorientatif, memperkuat ketegangan serta kecemasan eksistensial penonton. Maka, mise-en-scène dalam Skinamarink berfungsi sebagai wajah utama dari strategi penceritaan terbatas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penceritaan terbatas dan Mise-en-scène saling mengikat sebagai bentuk dan isi, menciptakan horor yang bersifat sensorik, filosofis, dan eksperimental.

PROGRAM TELEVISI

Judul :  “Let’s Go In Aja” Episode “Alon-Alon Tekan Jogja”
Nama : Faisawqi Dival Sya’ban
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

Yogyakarta, menjadi kota pertama yang akan dijelajah oleh cio dan manda, mereka akan mengajak backpackerian menjelajah destinasi dengan biaya minim, kekayaan budaya, sejarah, dan keindahan alam. sehingga menjadi pilihan wisata ekonomis bagi backpackerian dalam melakukan liburan selanjutnya.

Judul :  HANSIP 86 Episode “BANTENG TUTUL BANTUL MENYUSURI KECAMATAN SEWON”
Nama : Asmara Putra Pratama
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

Sebuah bentuk dokumentasi kegiatan patroli hansip Tim Banteng Tutul di Sewon Bantul yang bertemu dengan tindak kriminal. Para hansip berusaha mengamankan area Sewon dengan menindak setiap tidak kriminalitas yang ada.

Judul :  NET GAN?
Nama : Eko Junianto
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

Neti menelusuri dunia jual beli barang bekas melalui forum online dan cod secara langsung, dengan gaya inetarktif menciptakan pengalaman reality show edukatif yang dinamis dan dekat dengan penonton.

Judul :  JELAJAH NUSANTARA – EPISODE “PERAYAAN IMLEK DI YOGYAKARTA”
Nama : Fauziah Ainni Sofian
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

“Jelajah Nusantara” adalah program televisi feature yang menyoroti peran masyarakat dalam akulturasi budaya di Indonesia. Setiap episodenya memperlihatkan bagaimana masyarakat memadukan budaya lokal dan asing melalui perayaan, tradisi, dan festival, serta menekankan nilai toleransi dan keberagaman yang hidup di tengah masyarakat.

Episode perdana mengangkat perayaan Imlek di Yogyakarta, yang menampilkan kolaborasi antara komunitas Tionghoa dan masyarakat lokal. Berbagai kegiatan seperti pembersihan klenteng, pengajian Imlek, dan festival PBTY mencerminkan harmoni budaya serta semangat kebersamaan dalam merawat tradisi.

Judul :  ALUNAN KHATULISTIWA EPISODE GAMELAN BAMBU KRUMPYUNG KULON PROGO
Nama : Dhani Adhi Ariyanto
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

Program televisi future “Alunan khatulistiwa” pada episode 1 mengangkat tentang Gamlean Bambu Krumpyung Kulon Progo. Gamelan Bambu Krumpyung Kulon Progo merupakan satu set instrumen alat musik dengan skala nada pentatonis mirip dengan gamelan pada umumnya akan tetapi mayoritas terbuat dari bambu. Kesenian krumpyung di Kulon Progo muncul dari tangan dingin seorang ayah bernama Sumitro pada tahun 1973. Berawal dari rengekan putra pertamanya yang menginginkan alat musik yang pernah didengar diradio. Berawal dari kreativitas dan segala ketrebatasan saat itu, Sumitro berusaha memenuhi keinginan putra pertamanya dan berhasil membuat instrumen krumpyung.

Judul :  I-YOU
Nama : Fikry Aulia
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

I-YOU” adalah program televisi yang akan
menyajikan informasi menarik yang cocok direkomendasikan kepada
penonton mengenai apa saja yang sedang tren ataupun lifestyle pada
zaman sekarang dan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari atau
aktivitas lainnya. Informasi – informasi yang akan diberikan pada
program televisi “I-YOU” akan disampaikan oleh 1 orang host yang
komunikatif dan memiliki kedekatan dengan dunia anak muda yang tidak
lepas dengan hal yang sedang trend, dengan pembawaan yang santai dan
penggunaan bahasa yang ringan, dan penyampaian informasi visual dengan gaya typography motion menjadi hal penting dalam program “I-
YOU”.

Judul :  YUM YUM!
Nama : Umar Prayoga
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

“Yum Yum!” adalah program Magazine show kuliner yang dikemas secara menarik dan menghibur. Dipandu oleh dua host kece, program ini akan membawa audiens untuk menjelajahi berbagai hidangan lezat, baik dari restoran populer, warung legendaris, hingga kuliner unik yang tengah viral. Tak hanya sekadar mencicipi makanan, program ini juga akan menghadirkan beragam tips dan trik seputar dunia kuliner, mulai dari teknik memasak, cara penyajian, hingga fakta-fakta menarik. Dengan gaya penyampaian yang santai dan penuh energi, program ini tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga menjadi tontonan yang menghibur, inspiratif, dan menggugah selera bagi para pecinta kuliner.

Judul :  SILVER BULLET Episode KILL FOR LOVE
Nama : Pramudya Dwi Saputra
Tahun Produksi : 2025
Format : Program Televisi

Sinopsis

Program reality show dengan tema detektif, tentang perjalanan investigasi sekelompok detektif anyar dari latar belakang pendidikan yang berbeda, mereka tergabung dalam sebuah instansi detektif swasta yang bernama ALPHA. Organisasi tersebut memiliki tujuan untuk mengungkap kejahatan dan mencari kebenaran dengan memecahkan misteri-misteri yang ada.

FILM FIKSI PENDEK

Judul :  ANAK JERAPAH
Nama : Ilham Bagus Mahendra
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Ruth (25), seorang penjaga penitipan anak di Jogja, mendapat tawaran kerja di Jakarta demi kehidupan yang lebih baik. Namun, rencananya terhambat oleh kedatangan Tono (45), ayah yang tidak pernah mengurusnya, yang memaksa Ruth merawat Krisna (8), adik tirinya. Meski awalnya menolak karena luka masa lalu, Ruth menerima tanggung jawab itu namun hanya untuk 2 hari demi uang yang dijanjikan Tono.
Hidup bersama Krisna, membuat Ruth dipenuhi konflik dan masalah, tetapi perlahan mereka saling memahami. Ketika Tono menghilang tanpa memenuhi janjinya, Ruth terpaksa mencuri uang di tempat kerja, yang berujung pada pemecatan. Di tengah dilema antara mengejar mimpinya ke Jakarta atau bertahan untuk Krisna, Ruth akhirnya memilih mengorbankan cita-citanya demi merawat adiknya, menemukan makna keluarga dalam proses tersebut.

Judul :  ANAK JERAPAH
Nama : Bagas Wahyu Pratama
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Ruth (25), seorang penjaga penitipan anak di Jogja, mendapat tawaran kerja di Jakarta demi kehidupan yang lebih baik. Namun, rencananya terhambat oleh kedatangan Tono (45), ayah yang tidak pernah mengurusnya, yang memaksa Ruth merawat Krisna (8), adik tirinya. Meski awalnya menolak karena luka masa lalu, Ruth menerima tanggung jawab itu namun hanya untuk 2 hari demi uang yang dijanjikan Tono.
Hidup bersama Krisna, membuat Ruth dipenuhi konflik dan masalah, tetapi perlahan mereka saling memahami. Ketika Tono menghilang tanpa memenuhi janjinya, Ruth terpaksa mencuri uang di tempat kerja, yang berujung pada pemecatan. Di tengah dilema antara mengejar mimpinya ke Jakarta atau bertahan untuk Krisna, Ruth akhirnya memilih mengorbankan cita-citanya demi merawat adiknya, menemukan makna keluarga dalam proses tersebut.

Judul :  TARDINESS
Nama : Iqbal Keane Kembaren
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Di masa pandemi saat semua sekolah tutup Abigail kembali mendatangi sekolahnya untuk mengambil barangnya yang tertinggal, namun Abigail justru bertetemu dengan Zul seorang petugas kebersihan sekolah. Pertemuan mereka di hari itu menjadi refleksi tentang masa-masa SMA mereka.

Judul :  TARDINESS
Nama : Muhamad Wahyu Syaputra
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Di masa pandemi saat semua sekolah tutup Abigail mendatangi kembali sekolahnya untuk mengambil barang yang tertinggal, namun Abigail justru bertetemu dengan Zul seorang petugas kebersihan sekolah. Pertemuan mereka di hari itu menjadi refleksi tentang masa-masa SMA mereka.

Judul :  ARUM KEMBANG
Nama : Marlon Geraldo
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Aryo (40) salah seorang narapidana yang mendapatkan asimilasi karena covid kembali ke rumah. Anaknya yang bernama Santi (10) sangat bersyukur atas kepulangan Aryo. Ketika malam hari tiba, Santi mengutarakan kebahagiaannya bisa berkumpul kembali bersama ayahnya dan menanyakan tentang omongan orang-orang perihal ayahnya yang seorang penjahat. Aryo terdiam dan berusaha mencari kalimat yang pas untuk menjawab pertanyaan anaknya. Aryo yang berusaha mencari pekerjaan di pasar hanya mendapat pekerjaan lepas di pasar untuk memotong ikan, namun hanya bertahan sehari. Pada saat dipasar Aryo kembali bertemu dengan Bejo, mantan rekan kriminalnya, Bejo berulang kali berusaha mengajak Aryo untuk kembali bertindak kriminal. Namun, mengingat pembicaraan dengan Santi, Aryo dengan tegas menolak.

Hingga akhirnya, Santi yang harus menggunakan handphone untuk ujian menangis karena tidak jadi ikut ujian dan Aryo tidak bisa memberikan hp untuk anaknya. Aryo hancur menghadapi anaknya, ia mencoba menenangkan Santi dengan meminta santi ujian menyanyi di depan ayahnya. Namun, hal itu justru yang membuat Aryo yakin untuk kembali menjadi kriminal. Aryo kembali gelap mata dan memutuskan untuk mencuri di kios hp keesokan harinya. Pada akhirnya, aksi Aryo dihentikan oleh Bejo dan harus kembali mendekam di balik jeruji besi dengan segala pikirannya tentang Santi.

Judul :  KOMIK JAGOAN
Nama : Muhammad Andika Pratama
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Wira berusaha membantu temannya bernama Aan yang dibully oleh dua anak nakal. Ia mencoba berkelahi dengan Devin dan Kevin sambil membayangkan dirinya seperti seorang superhero dalam komik favoritnya. ia pulang dengan menangis setelah kalah melawan teman nakalnya. Di rumah, Ayahnya marah dan menasihati Wira agar menjadi laki-laki jagoan dan tidak cengeng.

Judul :  ADI AND THE OTHER PARTY
Nama : Djefan Alfarrelza Guci
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Adi (L/16 tahun) merupakan seorang siswa SMA yang menjadi korban ketidakharmonisan keluarga, hal ini menjadikan Adi menjadi anak yang pendiam dan rendah diri. Adi yang merasa lelah dengan kehidupannya yang datar, memiliki keinginan untuk mempunyai teman di tengah lingkungan sekolah yang toxic.

Suatu hari Adi memutuskan untuk berteman dan menjadi bagian dari salah satu geng dikelasnya, Adi merasa senang karena memiliki teman namun di sisi lain Adi merasa sangat bersalah pada dirinya sendiri. Karena Adi merasa dia sudah menjadi bagian dari lingkungan teman-temannya, Adi ingin merayakan ulang tahun impiannya dengan mengundang teman-temannya. Namun teman-teman Adi justru memiliki rencana lain untuk merayakan ulang tahun Adi.

Judul :  ADI AND THE OTHER PARTY
Nama : Abduh Wafi Mufadhol
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Adi (L/16 tahun) merupakan seorang siswa SMA yang menjadi korban ketidakharmonisan keluarga, hal ini menjadikan Adi menjadi anak yang pendiam dan rendah diri. Adi yang merasa lelah dengan kehidupannya yang datar, memiliki keinginan untuk mempunyai teman di tengah lingkungan sekolah yang toxic.

Suatu hari Adi memutuskan untuk berteman dan menjadi bagian dari salah satu geng dikelasnya, Adi merasa senang karena memiliki teman namun di sisi lain Adi merasa sangat bersalah pada dirinya sendiri. Karena Adi merasa dia sudah menjadi bagian dari lingkungan teman-temannya, Adi ingin merayakan ulang tahun impiannya dengan mengundang teman-temannya. Namun teman-teman Adi justru memiliki rencana lain untuk merayakan ulang tahun Adi.

Judul :  ADI AND THE OTHER PARTY
Nama : Rakhmad Widodo
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Adi (L/16 tahun) merupakan seorang siswa SMA yang menjadi korban ketidakharmonisan keluarga, hal ini menjadikan Adi menjadi anak yang pendiam dan rendah diri. Adi yang merasa lelah dengan kehidupannya yang datar, memiliki keinginan untuk mempunyai teman di tengah lingkungan sekolah yang toxic.

Suatu hari Adi memutuskan untuk berteman dan menjadi bagian dari salah satu geng dikelasnya, Adi merasa senang karena memiliki teman namun di sisi lain Adi merasa sangat bersalah pada dirinya sendiri. Karena Adi merasa dia sudah menjadi bagian dari lingkungan teman-temannya, Adi ingin merayakan ulang tahun impiannya dengan mengundang teman-temannya. Namun teman-teman Adi justru memiliki rencana lain untuk merayakan ulang tahun Adi.

Judul :  TERLALU SEPI UNTUK MALAM
Nama : Giannina Trixie Lapian
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Setelah menghilang selama empat tahun tanpa kabar, Raka, seorang mahasiswa sastra, kembali ke Yogyakarta dan mengejutkan Vivi, kekasih masa SMA-nya yang kini menjadi fotografer. Pertemuan mereka di apartemen dipenuhi keheningan dan jarak emosional. Vivi mengutarakan niatnya untuk mengakhiri hubungan, sementara Raka lebih banyak diam dan tenggelam dalam pikirannya. Momen-momen kebersamaan mereka, termasuk mandi bersama dan duduk di atas kap mobil, diwarnai kegelisahan dan percakapan yang tak pernah benar-benar selesai.
Dalam perjalanan menuju stasiun, ketegangan memuncak ketika Vivi mengembalikan surat-surat lama dan mengakui bahwa ia kini bersama pria lain. Raka hanya bisa menahan perasaannya, mempertanyakan apakah hubungan mereka masih bisa diperjuangkan. Sesampainya di stasiun, Vivi menegaskan keputusannya, meninggalkan Raka dalam kesendirian. Di peron, Raka berdiri dalam kesepian, hingga kereta yang akan ia tumpangi tiba, menandai akhir dari sebuah hubungan dan awal dari perenungan yang lebih dalam tentang kehilangan dan perpisahan.

Judul :  THE LAST ONE
Nama : Haris Kriswanto
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Pada tahun 2047, bumi telah berubah menjadi tempat yang sunyi dan tak berpenghuni akibat pandemi mematikan yang memusnahkan hampir seluruh umat manusia. Ari, seorang penyintas, menjalani hari-harinya dengan menjelajahi kota-kota kosong dan reruntuhan peradaban, berharap masih ada manusia lain yang bertahan. Untuk menarik perhatian siapa pun yang mungkin tersisa, ia meninggalkan tanda-tanda di sepanjang perjalanannya, seperti pesan di dinding, sinyal darurat, dan tulisan di jalanan, menjadikan sisa-sisa peradaban sebagai satu-satunya harapannya untuk tidak benar-benar sendirian.

Namun, hari-hari panjang tanpa interaksi manusia mulai menggerogoti kewarasan Ari. Ia mulai berbicara dengan suara-suara dalam kepalanya, membayangkan kehadiran orang lain, dan merasa kota-kota kosong seolah menghakimi keberadaannya.

Judul :  HAJAR!!!
Nama : Pandu Wisesa
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Cerita ini berpusat pada seorang wanita single parent yang merupakan seorang praktisi bela diri. Dia menjalani hidup normal sebagai seorang ibu rumah tangga namun suatu hari dia menemukan bahwa anak satu satunya diculik oleh kelompok kriminal yang berbahaya perdagangan anak. Dia tidak memiliki pilihan selain mengejar kelompok kriminal itu ke markas mereka dengan menggunakan teknik bela diri yang dia miliki untuk melawan para penculik dan harus menyelamatkan tidak hanya anaknya tapi juga para korban lain.

Judul :  HAJAR!!!
Nama : Ilham Syah Maulana
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Cerita ini berpusat pada seorang wanita single parent yang merupakan seorang praktisi bela diri. Dia menjalani hidup normal sebagai seorang ibu rumah tangga namun suatu hari dia menemukan bahwa anak satu satunya diculik oleh kelompok kriminal yang berbahaya perdagangan anak. Dia tidak memiliki pilihan selain mengejar kelompok kriminal itu ke markas mereka dengan menggunakan teknik bela diri yang dia miliki untuk melawan para penculik dan harus menyelamatkan tidak hanya anaknya tapi juga para korban lain.

Judul :  HAJAR!!!
Nama : Tammy Restian Martadianti
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Cerita ini berpusat pada seorang wanita single parent yang merupakan seorang praktisi bela diri. Dia menjalani hidup normal sebagai seorang ibu rumah tangga namun suatu hari dia menemukan bahwa anak satu satunya diculik oleh kelompok kriminal yang berbahaya perdagangan anak. Dia tidak memiliki pilihan selain mengejar kelompok kriminal itu ke markas mereka dengan menggunakan teknik bela diri yang dia miliki untuk melawan para penculik dan harus menyelamatkan tidak hanya anaknya tapi juga para korban lain.

Judul :  A PAINT – GEMURAT DALAM SENYAP
Nama : Shaggil Mahara
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Rendra, seorang pelukis, mendapatkan sebuah orderan lukisan yang membuat perasaannya kalut. Sebuah lukisan keluarga, dengan 3 foto terpisah, ayah, ibu, dan anak. Ia merasa kesal dan membuang alat lukisnya. Hal tersebut membuat Putri, kekasihnya yang dia ajak tinggal bersama, merasa terkejut. Mereka berdebat karena Rendra tidak mengutarakan masalah yang dialaminya.
Keributan tersebut menyebabkan Putri merajuk lalu meninggalkan Rendra ke kamar. Rendra yang berencana melanjutkan lukisan kesal, karena tehnya habis. Setelah selesai mandi, Rendra memanaskan air di dapur. Di dapur, dia melihat kalender yang berisi deadline dan fotonya bersama Putri. Terungkap Rendra menyimpan foto keluarganya di belakang salah satu fotonya dengan Putri. Rendra tampak kesal melihat foto keluarganya, namun kembali tenang saat melihat fotonya dengan Putri. Rendra yang merasa bersalah kemudian membawakan teh hangat dan bubur kacang ijo untuk Putri yang saat itu sedang demam. Mereka mulai membicarakan masalah dan keresahan yang dialami Rendra. Rendra merasa tidak diakui oleh orang tuanya atas pekerjaannya yang tidak seperti kebanyakan orang. Putri meyakinkan Rendra bahwa melukis memang pekerjaan yang tepat untuknya, dan meminta Rendra menyelesaikan masalah dengan orang tuanya.

Judul :  SEBUAH WAWANCARA DENGAN BAPAK CHALIS GARJITO
Nama : Muhammad Rifqi Ryanto
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Rian (30) menceritakan tentang bapaknya, Chalis (58), yang menjalani hari-harinya dalam kesunyian, dihantui kenangan dan penyesalan atas masa lalu keluarganya. Saat Rian datang, interaksi mereka terasa canggung, hingga Chalis mengambil sebuah foto lama dan mulai mengenang istrinya, Andini. Pada 23 September, mereka melakukan ziarah tahunan ke makam Andini, di mana Chalis semakin larut dalam kenangannya. Perjalanan berlanjut ke rumah lama mereka yang kini tinggal reruntuhan. Sambil berjalan di antara sisa-sisa bangunan, Chalis mengenang masa-masa bahagia mereka sekeluarga, sesuatu yang belum pernah ia ungkapkan sebelumnya. Saat hendak pergi, emosinya memuncak, dan Rian dengan lembut menenangkannya. Di luar, Anto menyiapkan kamera, dan untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, mereka bertiga berfoto bersama di depan rumah yang pernah mereka tinggali.

Judul :  LURUH
Nama : Muhammad Rizki Salman Aqram
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Bayu seorang siswa SMA yang ingin mencari ketenangan dalam hidupnya
akibat ketidak harmonisan dalam keluarganya, upaya-nya
selalu tak tercapai karena lingkungn sekolah yang tidak
mendukungnya. Bayu yang merupakan anak broken home, menjadikan dia sebagai korban bullying di sekolahnya.
Bayu selalu merasa tidak di dukung oleh lingkungan sekitarnya membuatnya selalu merasa kesepian. Hingga ia bertemu dengan siswi lain yang
mampu memberikannya kenyamanan.

Judul :  JO JONES
Nama : Wuhammad Wahyu Akbar Ramadhana, Muhammad Riki Ardani Ilham
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswa bernama Johanes ini memiliki sifat pemalu dan introvert sejak kecil dan kerap dipanggil dengan sebutan Jones oleh sahabatnya yang bernama Bayu karena Jones susah berinteraksi dengan perempuan. Si Jones kemudian kembali bertemu dengan teman masa kecilnya yang bernama Cindy. Jones sudah menyukai Cindy sejak lama namun karena sifat pemalunya tersebut ia menjadi susah untuk berbicara lagi dengan teman masa kecilnya itu. Dan dengan bantuan sahabatnya si Bayu Jones pun ingin bertekad untuk merubah jati dirinya menjadi seorang yang percaya diri agar dapat bersama dengan wanita yang di sukainya yaitu Cindy. Seiring dengan berjalannya waktu dengan bantuan Bayu Jones dan Cindy pun menjadi dekat, namun saat Jones menyatakan cintanya kepada Cindy, Cindy menolaknya dan membuat hubungan mereka menjadi canggung. Dan Jones pun bisa menerima kenyataan namun ia bingung dengan apa yang sedang ia cari, mendapatkan perempuan bernama Cindy atau mendapatkan rasa kepercayaan diri. Seiring berjalannya waktu Jones dan Cindy pun kembali bertemu, dan Jones berterima kasih kepada Cindy karena rasa cintanya kepada Cindy lah yang membuatnya mendapatkan rasa percaya diri.

Judul :  IBU DI BALIK PINTU
Nama : Yusuf Zidan Evalo

Tahun Produksi : 2025
Format : Film Fiksi Pendek

Sinopsis

Tiga bulan setelah ibunya jatuh sakit parah dan nyaris meninggal, Petra (25) yang tinggal

serumah justru menjauh dan belum pernah masuk ke kamar ibunya lagi. Saat ia dan Mba Ratih (47) sedang membereskan rumah, mereka mendapat kabar bahwa detak jantung sang ibu sempat berhenti; Petra membatu di depan foto ibunya ketika seekor kecoa muncul—sosok yang kemudian terus menghantuinya. Setelah sang ibu pulang dari rumah sakit dalam kondisi tak berdaya, Petra makin terisolasi, dihantui kecemasan dan ucapan kerabat yang menyarankan untuk “melepas” ibunya. Meski tak dipercaya Mba Ratih, Petra kian yakin akan kehadiran kecoa itu dan mulai menebar kapur serangga di seluruh rumah. Pada hari Natal, saat keluarga kerabat ramai berkunjung dan berkumpul di kamar ibu, Petra mencurahkan kegelisahannya pada Mba Ratih lalu menyendiri di ruang tengah ditemani kecoa. Usai bicara dengan ayahnya tentang perasaannya, Petra kembali melihat kecoa merayap menuju kamar ibu. Ia mengejarnya, membunuhnya tepat di depan pintu, lalu mencoba membukanya—namun gagal. Ia hanya bisa menangis di depan pintu yang tak pernah ia buka selama tiga bulan terakhir.

FILM DOKUMENTER

Judul :  RODA BALAP
Nama : Raafa aquila kariema hertanto
Tahun Produksi : 2025
Format : Film Dokumenter

Sinopsis

Abim berusaha menjadi pembalap nasional dengan berbagai tantangan yang ia lalui, mulai dari orang tuanya hingga sisi akademis karena ia harus sering belatih balap. Perjalanan balap Abim dimulai dengan pengenalan motor oleh ayahnya yang merupakan mantan pembalap nasional di kelas bebek, Abim dikenalkan oleh ayahnya mulai dari umur 4 tahun dan ia mulai menyukai motor cilik sejak itu. Awal mula yang sebenarnya hanya bertujuan untuk hobi saja namun Abim tidak disangka menunjukkan bakatnya dengan keinginan yang lebih untuk menjadi pembalap profesional seperti ayahnya. Perjalanan karir profesionalnya dimulai ketika ia memasuki tim balap Yamaha, dengan tim ini lah ia membuka karir kejuaraannya hingga menembus juara nasional dengan tim Honda Racing Indonesia. Perjalanan Abim tentunya mengalami banyak terpaan mulai dari ekonomi keluarga yang tidak stabil hingga waktu sekolah yang berantakan.

KARYA SKENARIO

Judul :  Janji di Teluk ke Mana Penyu Berpulang
Nama : Adrian Bagaskara Harya Putra
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Taris (17), seorang anak angkat dari pasangan nelayan, menghadapi dilema besar dalam hidupnya. Ia diasuh oleh Pakdhe dan Budhe yang kini menjadi Bapak dan Ibu angkatnya setelah orang tua kandungnya meninggal dalam kecelakaan laut. Ia telah lama hidup di antara dua arus—harapan Bapak yang ingin Taris meneruskan profesinya sebagai nelayan dan keinginannya sendiri untuk melanjutkan kuliah. Waktu kecil, Ia pernah berjanji pada mendiang orangtuanya untuk bisa keluar dari lingkaran kehidupan yang sulit. Dorongan dari Mas Surya, seorang guru PPL yang dekat dengannya semakin menyalakan harapannya. Sayangnya, impian itu terbentur dengan kenyataan saat Bapak jatuh sakit dan keluarga semakin kesulitan ekonomi.
Ketika bekas Teluk Penyu yang menjadi tempatnya mengenang orang tuanya ditutup permanen akibat kecelakaan dan perluasan wilayah pabrik, kehidupannya pun semakin terpuruk. Beban yang semakin berat membuatnya menepis semua harapan yang pernah diperjuangkan, menghindari Mas Surya dan teman-teman di sekitarnya.
Akhirnya, di titik di mana tidak ada pilihan lagi, Taris kembali turun ke laut untuk menjadi nelayan. Ombak yang dulu ingin Ia tinggalkan kini menjadi dunianya. Impiannya dikorbankan sebagai ganjaran. Tanpa sadar, Ia telah memilih jalan yang dulu ingin dihindarinya. Taris akhirnya berjalan di jalan yang ada di luar kendalinya. Seperti penyu yang selama ini Ia kagumi, bukan ke laut luas, melainkan kembali ke tempat yang selalu ingin ditinggalkan.

Judul :  ORTODOKS
Nama : Dhimas Riyanto
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Markus Yonatan (17) memutuskan untuk mengikuti kelahiran baru atas arahan Pendeta Daniel Iskandar (54). Kehidupan baru dimulai dengan pemuridan bersama Singa Yehuda (24), namun sosok eksentrik yang ia kagumi namun tiba-tiba meninggalkannya. Markus kemudian mengenal adik Singa Yehuda, Mawarsaron (16), namun meninggalkannya saat mendapatkan godaan seksual. Delapan bulan kemudian, Jemaat Kristus Efesia dihebohkan dengan kehadiran Mawarsaron yang kerasukan setan dan terungkap bahwa ia hamil anak Lusifer, Iblis Segala Iblis. Merasa menyesal, Markus bergabung dengan Barisan Pendoa untuk melakukan pengusiran setan. Namun, kebimbangan melandanya setelah Lukas Natanael (20) muncul dan mengaku telah menghamili Mawarsaron, sekaligus mengungkap ambisi Daniel Iskandar untuk membinasakan anak dalam kandungan Mawarsaron.

Markus Yonatan berusaha menghentikan pengusiran setan gadungan dan melepaskan Mawarsaron, tetapi dihadapkan pada perlawanan dari Barisan Pendoa, termasuk kakaknya, Matius Abraham (22). Singa Yehuda akhirnya campur tangan, menghentikan histeria, dan membawa Mawarsaron pergi. Markus mencoba melawan Daniel Iskandar, namun usahanya sia-sia dan ia malah dituduh sebagai kaki tangan Iblis Segala Iblis. Daniel Iskandar kemudian mencoba melakukan ritual pengusiran setan terhadap Markus, tetapi digagalkan oleh Matius Abraham. Peristiwa ini meruntuhkan keutuhan keluarga Markus Yonatan; ia mengungsi bersama ibunya, sementara Matius Abraham tinggal bersama ayahnya. Dalam upaya melupakan trauma dan masa lalu dan berharap akan masa depan yang lebih baik, Markus membantu melarungkan abu jenazah anak dalam kandungan Mawarsaron.

Judul :  Hujan di Bulan Desember
Nama : Hanif Ihsan Fauzi
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Warno dan Kremun, bapak dan anak petani tembakau dari lerreng Gunung Sumbing dihadapkan pada masa krisis ekonomi 1998. Sakit Haryo kepada Warno di masa lalu membuahkan dendam yang mengancam nyawa Warno dan warga Desa Gondang. Warno dan Kremun yang memiliki konflik antar keduanya harus bertaruh nyawa untuk menghadapi praktik monopoli berdarah krisis ekonomi 1998.

Judul :  The Search For Everything
Nama : Jason Ezra
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Setelah mencuri dokumen pemerintah yang penuh skandal, Ryan, seorang siswa SMA homogen di Jogkarta, bersama temannya Rita, berusaha merebut kembali KTP-nya yang disita demi menghadiri pesta ulang tahun gadis pujaannya.

Judul :  Aku dan Ritus
Nama : Sinta Wina Maryani
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Ridwan (33) dan Nia (33) adalah sepasang suami istri yang hidup dalam kesederhanaan dan keterbatasan ekonomi. Mereka bekerja sebagai buruh tani di desa terpencil yang masih sarat akan budaya dan adat. Mereka dihadapkan pada ritual Dulkadiran yang harus dilaksanakan untuk anak laki-laki mereka, Ghafi (6). Mencoba bernegosiasi dengan adat, Ridwan menghadap sesepuh desa untuk meminta keringanan dan permakluman dalam melaksanakan ritual karena keterbatasan ekonomi mereka. Meski permintaanya ditolak, Ridwan tidak berkecil hati dan tetap berusaha. Ridwan dan Nia bekerja lebih keras agar tidak perlu meminta keringanan. Semua kerja keras itu hilang seketika saat anak mereka sakit dan uang tersebut harus digunakan untuk biaya pengobatan. Diambang keputusasaan, Ridwan kembali memohon keringanan pada sesepuh. Sesepuh merasakan goyah dalam pendiriannya kemudian memberikan keringanan. Keputusan ini memicu ketegangan antar warga desa.
Kehidupan Ridwan dan Nia semakin berat karena mengalami pengucilan dari warga desa. Sampai puncaknya mereka meledak oleh emosi mereka masing-masing. Dalam ketegangan yang semakin memanas ini, Kyai Haris yang mengisi ceramah di pengajian umum di desa tersebut berhasil menggugah hati warga desa. Kyai Haris berkata bahwa adat bisa berubah tanpa kehilangan makna. Ritual yang dilakukan oleh Ridwan pun dilangsungkan dengan bantuan dari seluruh warga desa.

Judul :  KEPINGAN YANG HILANG
Nama : Tasya Faizul Muizah
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Tiana (26), seorang sutradara dokumenter di stasiun televisi, tumbuh dalam relasi dingin dan penuh tekanan bersama ibunya, Anna (46), yang keras, kaku, dan emosional. Hubungan mereka memburuk sejak Tiana kecil hingga dewasa, membuat Tiana menjauh dan menghindari segala bentuk kedekatan emosional dengan sang ibu. Saat Tiana berniat pindah divisi pada akhir 2021, ibunya tiba-tiba mengungkapkan bahwa ia mengidap penyakit kronis dan meminta Tiana untuk merekamnya sebagai permintaan terakhir. Di saat bersamaan, atasannya, Helena, hanya akan menyetujui kepindahannya jika Tiana menyelesaikan proyek dokumenter spesial Hari Ibu. Proyek itu justru memperparah tekanan Tiana, karena ia dipaksa menghadapi tema yang paling ia hindari: sosok ibu. Proses wawancara dengan berbagai ibu dari latar belakang berbeda terus memicu luka lama Tiana, mempertemukannya kembali dengan kenangan masa kecil yang penuh kekecewaan dan pengabaian.

Ketika kondisi ibunya semakin memburuk, Tiana perlahan terbuka terhadap berbagai perspektif tentang bentuk relasi ibu dan anak baik dari rekan kerjanya Juna dan Helena, maupun dari narasumber dokumenter, hingga akhirnya memutuskan untuk menjadikan sang Ibu sebagai salah satu subjek dokumenter spesial hari ibu yang sedang ia garap. Dalam percakapan itu, Tiana menemukan sisi baru sang ibu sebagai perempuan yang juga tumbuh dalam lingkungan keras dan patriarkal. Masa lalu ibunya yang kelam perlahan menjelaskan akar dari sikap toksiknya selama ini. Setelah ibunya meninggal pada pertengahan 2023, Tiana menghabiskan ulang tahunnya yang ke-28 sendirian, ditemani rekaman wawancara terakhir sang ibu. Proyek dokumenter ini menjadi perjalanan emosional yang membawa Tiana berdamai dengan masa lalunya, memahami cinta yang tertutup oleh trauma, dan membuka ruang untuk hubungan yang lebih sehat ke depannya.

Judul :  GRIPLESS
Nama : Azka Rahadian
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Ricky pembalap jalanan yang sangat menginginkan untuk ikut di kejuaraan drifting profesional namun ayahnya menolak impian tersebut.
Ricky akhirnya nekat mengikuti kejuaraan dan berhasil menarik perhatian sponsor karena dapat masuk ke perempat final. Ricky harus dihadapkan dengan rival yang berat dan mengancam posisinya di balapan.
Setelah Ricky mengetahui kebenaran masa lalu ayahnya, ayah akhirnya mendukung penuh anaknya hingga bisa memenangkan kompetisi.

Judul :  SENJA DIANTARA KITA
Nama : Naldi Ghifari Al-Hasin
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Cerita berpusat pada kisah hidup Riki, seorang mahasiswa Universitas Kutaikartanegara Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang kegiatan sehari-harinya hanya kuliah, nongkrong, pulang, dan tidur yang menjadikan masa kuliahnya saat ini statis. Selain itu, Riki tidak mengikuti kegiatan UMKM kampus. Riki memiliki sahabat dekat yang bernama Alvin  dan Ridho yang juga satu jurusan. Pada suatu hari, Alvin menelpon Riki untuk mengajaknya mengikuti kepanitiaan perkemahan. Kehidupan Riki mulai berubah ketika ia bertemu dengan wanita yang bernama Maysarah.

Pertemuannya dengan Maysarah merubah Riki menjadi pribadi yang berbeda. Riki perlahan menjauhi teman-temannya dan mulai bersikap sedikit angkuh. Semua berubah ketika Riki diberitahu temannya bahwa Maysarah sedang menjalin hubungan dengan lelaki lain. Hal tersebut membuat Riki sedih dan mengasingkan diri dari lingkungan sekitar. Riki sadar bahwa merenung dan menyesali apa yang telah terjadi tidak akan merubah keadaan, maka Riki mencari pelarian yang akan membuatnya lupa dengan kejadian tersebut. Saat Riki ingin menenangkan di sekitar pelabuhan, ia bertemu Asih yang merupakan teman lamanya. Riki menceritakan segala kesedihannya kepada Asih. Hal ini membuat Riki bangkit kembali untuk memperbaiki diri dan hubungan dengan Alvin dan Ridho.

Judul :  ARCHEAN
Nama : Gaddiel Malano
Tahun : 2025
Format : Skenario

Sinopsis

Gaddiel adalah seorang anak laki-laki berusia enam tahun yang berjuang dengan kebingungan dan ketakutan akibat perceraian orang tuanya. Dia menikmati waktu bermain di taman bersama temannya, Raihan, tetapi ketenangannya terganggu ketika ibunya, Julie, memanggilnya pulang. Saat kembali ke rumah, Gaddiel menyaksikan pertengkaran sengit antara ayah dan ibunya yang membuatnya merasa terasing dan trauma. Ketika ayahnya pergi, Gaddiel merasa ditinggalkan dan takut akan masa depannya. Di sisi lain, Julie, yang juga berusia enam tahun, harus menghadapi realitas pahit dari perceraian orang tuanya. Meskipun baru seumur jagung, Julie mengambil tanggung jawab besar untuk merawat adik-adiknya, Adeline dan Raditya, setelah melihat orang tuanya bertengkar. Dalam upayanya untuk menjaga ketenangan di antara mereka, Julie menunjukkan ketabahan yang luar biasa. Ketika mereka harus meninggalkan rumah yang penuh kenangan dan pergi tinggal bersama Paman mereka, Julie merasakan kesedihan yang mendalam. Namun, dia berusaha menguatkan adik-adiknya dan menemukan cara untuk mengatasi rasa kehilangan dan kesedihan.