3 steps of love (2022)

Program web series berjudul “3 Steps of Love” memiliki tiga episode, akan bercerita tentang suatu proses pendewasaan oleh masing-masing individu yang terangkum dalam 3 fase romansa atau fase percintaan manusia. 3 fase romansa tersebut antara lain: fase pertama Pre-Relationship menggambarkan sebuah bentuk “pengejaran cinta”, fase kedua In-Relationship menggambarkan sebuah bentuk “mempertahankan cinta” dan fase ketiga adalah Post-Relationship menggambarkan sebuah bentuk “merelakan cinta”.

Muhammad Muammar Qadavi

212 KM (2022)

Hendro (27) merupakan seorang kurir ekspedisi, dalam perjalananannya mengantarkan paket ia tidak sengaja menabrak seorang pengendara motor yang membuatnya sangat panik dan meninggalkan korban tersebut. Rasa panik belum juga hilang ia harus bertemu dengan Yuli, seorang perempuan yang memiliki permasalahan yang sama dengan Hendro. Kini di perjalanan terdapat 2 pembunuh sekaligus, namun perasaan yang timbul bukanlah perasaan was-was melainkan perasaan senang karna menemukan seseorang yang memiliki kesalahan yang sama.

Maria Kilapong.

Adam Timur (2022)

Masyarakat penganut ajaran Sikep merupakan kelompok masyarakat suku Jawa yang memiliki pemahaman Saminisme dimana salah satu ajaranya adalah untuk tidak bersekolah serta diwajibkan untuk menjadi seorang petani, meski berada di era modern dengan banyaknya variasi pekerjaan serta ruang lingkup masyarakat yang heterogen, sedulur Sikep tetap berpegang teguh pada adat budayanya dan menunrunkanya secara terus menerus kepada anak-anak mereka.

Atma Parindra

Isolasi Hati Mandiri (2022)

Clara remaja labil yang baru pertamakali merasakan patah hati dari pacar 5 tahunnya. Naas nya lagi, ia harus mengalami hal tersebut saat awal pandemi (April 2020). Akhirnya ia membulatkan tekadnya untuk berubah dan bertemu dengan turning point kehidupannya. Clara melakukan beberapa hal untuk melupakan mantannya. Ia mencoba untuk merubah kamarnya. (Memphis design), bertemu orang baru di aplikasi perjodohan (dating app), hingga mencoba untuk mengerjakan tugasnya dan menonton drama. Semua percobaan yang dilakukan gagal sampai akhirnya sang Ibu mengetuk pintu.Hal yang seharusnya Clara lakukan bukan berusaha melupakan tapi berusaha untuk menerima.

Henry Habayahan

Aku Menyanyi (2021)

Gita adalah seorang gadis lumpuh yang harus merelakan cita – citanya menjadi penari karena ia tidak dapat berjalan lagi. Ia bermimpi ia dapat bernyanyi dan menari bersama teman – temannya, namun ketika terbangun ia menyadari kenyataan bahwa ia tidak dapat berjalan dan hanya mampu duduk dikursi roda. Ibunya senantiasa membantu dan menyemangatinya untuk memulai hari. Namun Gita tetap merasa sedih karena tidak dapat berjalan. Suatu ketika Ibunya berjualan ikan asin di depan rumah, Gita pun ditinggal sendirian diteras rumah, yang dilakukan Gita hanya duduk dan memperhatikan Ibunya yang sedang berjualan. Namun kemudian handphone Ibunya didalam rumah berdering di atas lemari. Gita berkhayal dapat berjalan dan mengambil handphone Ibunya, kemudian ia pun berjalan keluar rumah dengan keadaan dapat berjalan dan berlari dengan bebas. Ia menelusuri jalanan desa dan pantai. Namun ketika kesadarannya kembali memperlihatkan kenyataan ia hanyalah gadis yang hanya duduk di kursi roda, ia pun merasa sedih. Di balik kesedihan Gita, Ibunya terus berusaha memberi motivasi padanya agar bersemangat dalam menjalani hidup. Ibunya menyanyikan sebuah lagu agar Gita tetap bersemangat dan jangan sedih, Ibunya meyakinkan pula bahwa Gita mampu meraih cita – citanya hingga menjadi orang yang berguna bagi sekitarnya. Gita pun merenungi dirinya, disaat itulah datang teman – teman menghampirinya. Teman – temannya mengajaknya bermain walau dengan kursi roda dan membangkitkan semangatnya kembali.

Kusuma Habibah.

Arah Tinggal (2021)

Nohan (24 tahun), seorang fresh graduate dari sebuah kampus swasta di Kalimantan. Ia bekerja sebagai seorang pegawai tidak tetap di sebuah perusahaan batu bara. Suatu hari Nohan menjadi salah satu dari karyawan yang harus di PHK karena pandemi, hal ini membuat Nohan sangat bingung, kebutuhan hidup dan sulitnya mencari lapangan kerja membuatnya memutuskan untuk menelfon pamannya dan meminta untuk tinggal bersama lagi, namun paman dan menyarankan Nohan untuk kembali ke rumah ayahnya yang kini tinggal sendirian. Nohan berjalan melewati jalanan kampung, Nohan menarik nafas untuk meyakinkan dirinya sudah siap. Nohan bertemu ayahnya, ayahnya tampak senang namun canggung, nohan hanya terkesan cuek menanggapinya. Ayah Nohan menunjukkan gejala batuk batuk tidak henti, bapak RT datang mengkonfirmasi kedatangan Nohan dan memberikan sosialisasi atas covid19. Saat itu bapak RT dan Nohan menemui ayah Nohan yang ternyata sudah 2 hari berbaring di kamar dengan gejala meriang, pusing, hingga diare. Bapak RT segera memanggil nakes dan ayah Nohan dinyatakan positif covid19. Nohan mencoba merawat ayahnya dengan memberikan makanan di depan kamarnya dan memberikan vitamin, sesekali terdengar suara ayah Nohan mengaji. Suatu malam, Nohan yang diajak cerita oleh ayahnya menjadi sangat emosi ketika ayahnya merengek karena merindukan istrinya. Dibalik pintu Nohan menahan tangis hingga air matanya tidak terbendung. Nohan meluapkan emosinya kepada ayahnya karena semasa kecil Nohan dititipkan kepada pamannya hingga membuat ia sangat kecewa dan kesulitan berkembang ketika membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Nohan berlari masuk kedalam kamar kemudian memukul dinding kamarnya, ia marah dengan keadaan. Pagi harinya, saat Nohan hendak ke kamar mandi, ia melihat ayahnya pingsan diatas sajadah. Nohan kebingungan dan segera meminta bantuan kepada petugas puskesmas. Nohan sangat sedih ketika melihat ayahnya dibawa ambulans dan ia tidak bisa menemaninya. Sore harinya, saat Nohan mengantarkan makanan di puskesmas tempat karantina dan tidak sengaja bertemu pamannya. Nohan dan paman duduk berdua di ruang tunggu puskesmas. Paman Nohan membuka pembicaraan dengan Nohan, dan mengungkap Ibu dan ayah Nohan terkadang tidak bisa pulang ke kampung karena uang tersebut ditabung untuk kehidupan Nohan dan membiayain penyakit kanker yang diderita ibunya, hingga akhirnya ibunya meninggal. Nohan akhirnya tersadar ketika mengetahui alasan orang tuanya meninggalkan dirinya, ia menjemput ayahnya di depan puskesmas ketika sudah selesai karantina dengan senyum merekah.

Norjanah.

Sakola Baburu (2022)

Tradisi Baburu Kandiak yang ada di Sumatera Barat pada awalnya merupakan kegiatan yang dilakukan masyarakat pertanian untuk melindungi hasil pertanian mereka. Saat ini kegiatan turun temurun ini tidak hanya untuk memberantas hama, melainkan sudah menjadi suatu bentuk hobi dan olahraga yang digemari oleh berbagai kalangan. Baburu kandiak pun tidak dapat dipisahkan dari bernbagai aspek, salah satunya adalah sekolah berburu.

Agung Rasyidi.

Abdoel Moies Hassan (2022)

Abdoel Moeis Hassan adalah tokoh pemuda dalam pergerakan kebangsaan pada mas kolonial Belanda dan Jepang serta pejuang kemerdekaan di kota Samarinda dan provinsi Kalimantan Timur pada masa revolusi fisik 1945 – 1950. Ia pendiri partai lokal INI Cabang Samarinda dan ketua koalisi organisasi Front 8 Nasional yang keduanya memiliki skala perjuangan yang luas dan berdampak nasional. Tidak hanya menuturkan berbagai jasa Moeis Hassan film ini juga menguak berbagai cerita personal dibalik banyaknya jasa Abdoel Moeis Hassan.

Muhammad Ferlian Ashari.

Brigita Laurdes (2022)

Program acara “Mengenal Lebih Dekat” secara luas merupakan dokumenter televisi yang mengangkat kisah tokoh-tokoh yang memiliki banyak pengaruh serta memberikan banyak inspirasi terhadap masyarakat, terlebih jika tokoh-tokoh tersebut belum mendapatkan banyak sorotan di sebuah program televisi. Dalam program dokumenter televisi “Mengenal Lebih Dekat episode Brigida Lourdes” ini akan menggunakan gaya interaktif. Sosok Brigida Lourdes secara langsung serta menunjukkan bagaimana aktivitas di dalam lingkup pekerjaannya sebagai seorang fashion stylist dan fashion designer.

Serlin Oktuari.

Cik San (2022)

20 tahun lamanya, Cik San (65 tahun) tidak pulang ke rumah Temanggung dan sibuk bekerja sebagai perosok sampah di Salatiga. Hidup nan jauh dari rumah tanpa diketahui keluarga, Cik San hidup apa adanya tanpa tempat tinggal layak. Cik San tidak ingin keluarganya mengetahui kondisinya di Salatiga. Maka dari itu, di tahun ini, Cik San menargetkan untuk kembali ke Temanggung dan bercerita kepada saudara-saudaranya nya agar ia dapat bantuan untuk merealisasikan kios idamannya. Dapatkah Cik San meyakinkan keluarganya untuk membantunya?.

Riskya Duavania.

Fashionpedia (2021)

“Fashionpedia” adalah sebuah program magazine show berdurasi 30 menit yang memberikan informasi mengenai dunia mode serta tokoh inspiratif di bidang mode dan batik. Setiap episodenya program ini akan terbagi menjadi 4 segmen dan 5 rubrik.

Erika Aulia Zakia Mirna.

Foodfluencer (2022)

Foodgram menjadi dalang dibalik majunya wisata kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta. Foodgram sendiri ialah sebuah entitas atau seseorang dibalik sebuah akun influencer kuliner. Foodgram meliput dan membuat konten review kuliner dalam bentuk foto atau video lalu menginformasikannya via instagram sehingga promosi foodgram dapat menjangkau siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Banyak juga fakta menarik dibalik profesi foodgram dan cerita dari pemilik usaha kuliner yang merasa terbantu oleh manfaat komplex yang dihasilkan foodgram sehingga foodgram digadang-gadang sebagai promotor utama kuliner di Yogyakarta dan menjadi salah satu tools marketing promosi kuliner saat ini.

Mayangsari Putri.

Islamisasi Kerajaan Kutai (2022)

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang berada di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia namun belum memeluk ajaran agama Islam. Dengan kehadiran seorang guru ahli agama Habib Tuan Tunggang Parangan di tanah Kutai dan memperkenalkan ajaran Islam maka pengaruh ajaran agama Islam menjadi berkembang pesat dan diperjuangkan hingga pada akhirnya mengubah sistem tatanan kerajaan dan unsur kebudayaan yang ada di tanah Kutai hingga dimasa sekarang.

Pandu Fadjar Herdianto.

Jodoh Dari Tuhan (2021)

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan berpasang-pasangan. Menikah adalah suatu kewajiban yang dilakukan manusia untuk memiliki keturunan yang sah secara agama dan hukum. Di zaman sekarang orang-orang dewasa merasa kesulitan dengan mencari pasangan yang memiliki niatan yang serius untuk menikah. Banyak pasangan yang telah lama berpacaran namun banyak yang harus berpisah ataupun pasangan tersebut menikah dengan orang lain. Ta’aruf dapat menjadi solusi untuk orang-orang yang siap untuk menikah menemukan jodohnya. Walaupun ta’aruf dianggap cara yang kuno bagi orang-orang di zaman sekarang, namun ta’aruf terbukti efektif dalam mendapatkan jodoh bagi yang melakukannya seperti yang dilakukan oleh Muhammad Azhar dan Ustad Hamid dalam mencari jodoh.

Reski Maulana.

Menari Dalam Sepi (2021)

Ara (18 tahun), merupakan perempuan yang masih sekolah di Kalimantan Timur. Ia memiliki mimpi untuk menjadi penari yang hebat seperti Ibunya dan dapat melanjutkan pendidikannya di tingkat selanjutnya. Suatu hari Pelatih memberi tahu bahwa akan ada lomba pentas tari minggu depan, dengan semangat Ara menantikannya tetapi Ara masih belum mahir dalam menarikan tarian gong sehingga Ara meminta bantuan kepada Ibunya. Ibunya pun sangat senang untuk bisa membantu Ara dan Ibu pun berjanji akan menemaninya hingga mahir dalam tarian tersebut dan akan datang ke pentas tari Ara.

Hari demi hari telah terlewati Ibu masih belum membantu Ara dalam latihannya, Ara pun selalu meminta Ibu untuk selalu menemaninya tetapi Ibu selalu sibuk dengan toko bunga miliknya. Hari mulai dekat dengan pentas tari Ara pun pada akhirnya melepaskan amarahnya terhadap Ibu. Ara membentak Ibu hingga Ibu merasa tidak enak dan menyesal. Hari pentas telah tiba Ara pun masih menunggu kedatangan Ayah dan Ibu, Ibu yang masih sibuk mengurus toko bunga masih belum dapat datang. Ara pun maju ke panggung dibarengi dengan Ibu yang masih melayani pembeli, Ara menari dengan tidak tenang pikirannya tidak fokus dan pada akhirnya Ara pun terjatuh. Ara marah terhadap Ibu karena membuatnya gagal dalam tariannya.

Ketika situasi menjadi tenang Ibu pun curhat kepada Ayah, dan Ayah mencoba untuk menenangkan Ibu. Beberapa hari kemudian Pelatih datang kerumah dan memberikan Ayah sebuah brosur lomba tari, dengan ini Ayah pun terlihat senang. Di kamar Ara terlihat sendirian merenung, Ayah lalu datang dan mencoba memberikan brosur tersebut kepada Ara tetapi Ara menolak karena alasan semuanya telah berakhir, dan Ara tidak akan pernah menari lagi. Ayah mencoba untuk menasihatinya tetapi Ara malah membentak Ayah, ini membuat Ayah panik, Ara menyuruh Ayah untuk keluar tetapi Ayah sempat menaruh brosur tersebut di atas meja Ara.

Pada hari sebelumnya Ara terlihat sedih memegang foto Ibu, kemudian flashback masa lalu ketika Ara menari dan Ibu menjaga toko bunga pun kembali terlihat, diberitahukan alasan mengapa Ibu tidak datang ke pentas tari Ara waktu itu dan alasan mengapa Ara terlihat sedih karena pada saat Ara pentas pada saat bersamaan Ibu mengalami kecelakaan karena terlalu terburu-buru. Ini membuat Ayah dan Ara menjadi sedih, sehingga Ara pun tidak ingin menari lagi.

Beberapa minggu telah berlalu Ara dan Ayah sedang berada di meja makan, pada akhirnya Ara pun mau membuka pikiran yang menganggunya Ara pun menangis histeris dengan Ayah yang kembali mencoba menenangkan Ara. Pada malam harinya terlihat Ara memegang kardus pakaian tarinya Ara mencoba memikirkan sesuatu, dan pada keesokan harinya Ara datang ke sanggar tari kembali dan mencoba untuk latihan, pelatih dan teman-teman turut senang Ara datang. Malam harinya Ara yang sedang latihan tari gong yang ditemani dengan Ayah, tariannya masih terlihat kaku dan tidak tenang, Ayah kembali mencoba untuk berbicara kepada Ara dan mengajak Ara untuk ziarah ke makam Ibu untuk meminta restu. Keesokan harinya Ara dan Ayah datang ke makam Ibu, mereka berdua terlihat mendoakan Ibu dan membuka pembicaraan mereka kembali. Ara dan Ayah pun tersadar bahwa mereka harus terus hidup maju dan Ara pun pada akhirnya bertekad untuk kembali menari dan mewujudkan impiannya.

Febrian Tenri Palaguna.

Pemmesi (2022)

“Pemmesi” atau nelayan merupakan sebuah rutinitas yang menjadi mata pencarian suku Bajau Samma di Tanjung Batu kepulauan Derawan. Pemessi menceritakan perjuangan Pak Kambacong sebagai nelayan tradisional Baja Samma dalam menangkap ikan di laut kepulauan Derawan, Pak Kambacong mengadu nasib dengan hasil tangkapnya di laut dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari, tidak jarang hasil tangkap Pak Kambacong tidak sesuai dengan yang diharapkan, salah satu penyebabnya adalah rusaknya ekosistem laut oleh tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Muhammad Mulyadi.

Naduri karang (2022)

Desa adat Trunyan merupakan desa yang terletak di pesisir pantai Danau Batur. Kepercayan Hindu-bali yang terdapat di desa ini sedikit berbeda dengan mayoritas kepercayaan umat Hindu di bali, Film ini akan menyajikan bagaimana masyarakat Trunyan melaksanakan Upacara Ngusaba Gede Kapat Lanang yang mementaskan Barong Brutuk; Upacara yang dilaksanakan 2 tahun sekali ini merupakan Upacara besar (Piodalan) yang hanya dilaksanakan oleh masyarakat Trunyan. Upacara ini menjadi simbolis upaya masyarakat Trunyan untuk melestarikan kebudayaan dan kepercayaan yang sudah turun menurun diwariskan oleh leluhur di Desa Trunyan.

S. Parabawa.

Putri Lungsur Naga (2022)

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang berada di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia namun belum memeluk ajaran agama Islam. Dengan kehadiran seorang guru ahli agama Habib Tuan Tunggang Parangan di tanah Kutai dan memperkenalkan ajaran Islam maka pengaruh ajaran agama Islam menjadi berkembang pesat dan diperjuangkan hingga pada akhirnya mengubah sistem tatanan kerajaan dan unsur kebudayaan yang ada di tanah Kutai hingga dimasa sekarang.

Pandu Fadjar Herdianto.

Rejana (2021)

Wati tinggal bersama ibunya disebuah rumah sederhana didesa, Ia adalah janda muda yang berusaha menggugurkan kandungannya karena ia muak dengan mantan suaminya. Namun tetangga dan masyarakat yang ada disekitarnya selalu membicarakannya, hal itu membuat wati semakin jatuh dan terus tersudutkan. Wati merasa lelah terhadap semua orang, karena tidak ada yang menghargainya. Hingga perlahan Ia menyadari bahwa kandungannya lah yang selalu tulus dan setia menemaninya.

ROCHMAD NUR HIDAYAT.

Kakek Hutan (2021)

Film dokumenter “Kakek Hutan” mengisahkan tentang kehidupan seorang kakek paruh baya yang mendedikasihkan hidupnya untuk merawat hutan di tengah kota Tenggarong, kutai Kartenagara. Hanya bermodalkan uang 100 ribu, kakek ini sudah memiliki 1,5 hektar hutan dari ribuan pohon dengan berbagai macam jenis yang ia rintis sejak tahun 1980. Dari kegigihanya merawat hutan, para pengusaha menawar lahan hutan tersebut hingga puluhan milyar, namun dengan tegas sang kakek tolak demi mempertahankan prinsipnya untuk terus menjaga hutan kelestarian hutan kalimantan yang dikenal dengan paru-paru dunia.

Muchtar Ahmad.

Tarsul (2021)

Tarsul merupakan sastra tutur khas suku kutai yang sering dijumpai pada acara pernikahan suku kutai dan bekhatam Al-Qur’an karna memiliki nilai ritual pada syair yang berisi doa dan harapan. dengan perkembangan zaman semakin minimnya terlihat tarsul di berbagai acara pernikahan dan berkhatam al-qur’an , dinas pariwisata kutai kartanegara berupaya untuk melestarikan tarsul agar tetap adanya yaitu dengan cara mengadakan sebuah lomba beTarsulan disetiap acara tahunan diKota Raja seperti acara adat Erau dan Festival kota raja (FKR). Dengan mengajak kaum milenial sebagai peserta lomba tersebut.

Gilang Ramadhan.

Tugas Akhir (2022)

MUSTAFA (80) yang sedang sakit, hidup sendiri di sebuah hunian sementara yang dibangun dari sisa bangunan yang tersisa dari rumah lamanya, di satu kampung yang tak jauh dari pusat kota. Dekat dari rumahnya, terdapat sebuah pemakaman wakaf yang ia urusi berisi makam-makam korban gempa bumi dan likuifaksi tahun 2018, temasuk anak dan istrinya. Di antara makam-makam itu juga terdapat beberapa makam yang tidak dikenali. Hampir setiap hari Mustafa datang mengunjungi pekuburan tersebut untuk membersihkan ataupun sekadar melepas rindu. Hari-harinya diisi dengan mempersiapkan lahad dan segala perlengkapan kematian untuk dirinya sendiri. AMIR (47) adalah kawan penggali makam wakaf tersebut. Amir sering berkunjung ke pekuburan itu untuk sekadar menemani Mustafa yang sendiri. Amir khawatir tentang kondisi Mustafa. Amir adalah tetangga dekat Mustafa di kampung tempat Mustafa tinggal. kekerabatan dan persaudaraannya sangat dekat. Mustafa tidak pernah membicarakan keinginannya untuk dapat dimakamkan di samping anak dan istrinya. Suatu hari, Amir menceritakan kepada Mustafa tentang kondisi PAK ANSAR si pemilik tanah wakaf yang sedang dirawat di ICU karena drop setelah kampanye. Mustafa khawatir dan terpacu agar tidak kedahuluan oleh PAK ANSAR. Ia kembali menyiapkan lahat di sisa lahan sempit yang menurutnya masih bisa untuk dibuatkan liang lahad untuk dirinya, walaupun dengan keadan sakit yang makin menjadi. Suatu malam ketika lubang lahatnya jadi, Mustafa terbaring kaku di rumahnya. AMIR mencari Mustafa untuk memberi kabar meninggalnya Pak Ansar. Ia heran dengan lubang yang telah jadi di tengah makam. Keesokan harinya rumah Mustafa ramai oleh orang-orang, mobil ambulance terparkir di depan rumahnya. Mustafa dimasukkan ke dalam mobil jenazah dan pergi. Di pekarangan makam terlihat beberapa orang bersiap melaksanakan pemakaman. Mobil ambulance yang membawa Mustafa melewati pekarangan makam tersebut. Lubang yang telah dipersiapkan Mustafa ditempati oleh Pak Ansar.

Fauzan Kurnia Muttaqin.

Lagula (2021)

Lagula merupakan band rock atau pop punk yang masih menjadi band reguler dengan membawakan lagu musisi lain dari panggung-ke panggung. Suatu pagi di dalam basecamp Lagula mereka mendapatkan email dari sebuah label musik untuk mengajak kerjasama Lagula dengan catatan harus mengirim lagu orisinal mereka. Kavi yang merupakan frontman atau juga seorang vokalis serta gitaris ini sangat setuju dan ingin bisa menerima tawaran kerjasama dari label agar cita-citanya punya panggung besar, album, serta banyak penggemar bisa terwujud. Hal tersebut didukung kakaknya Moli yang merupakan manajer dari band ini serta Usha yang merupakan bassist dalam band yang diam-diam menyukai Kavi dan memiliki lagunya sendiri. Drummer mereka yaitu Evan awalnya merasa ragu karena dia tahu jika Dipta yang merupakan keyboardist mereka tidak akan setuju dengan adanya label karena skeptis akan banyak diatur dan diacak-acak.

Ridho Andy Fadillah.

Nipah (2022)

Sebagian besar peduduk Kampung Ketupat yang bermata pencaharian sebagai pengrajin ketupat yang berada di Bantaran Sungai Mahakam, pendatang maupun penduduk lama yaitu sejak abad ke-19. Dengan hanya bermodalkan daun Nipah yang menjadi bahan utama dalam pembuatan ketupat ini, Sebagian besar pengrajin ketupat ialah perempuan yaitu Ibu rumah tangga, karena menurut masyarakat kampung pekerjaan sebagai pengrajin sudah menjadi kebudayaan turun – menurun sehingga para ibu rumah tangga bisa menyambi untuk mengurus anak dan pekerjaan rumah tangga. Tak sekedar hanya membuat olahan ketupat, tetapi juga sebagai pengrajin yang bertekad untuk tetap menjaga warisan budaya turun – menurun yang telah lahir dari tetua mereka, dan terus menjaga dan memperkenalkan Kampung Ketupat dengan segala kendala dan keterbatasan yang dihadapi para pengrajin.

Riandiani Nur Amalia.

Pilang (2022)

Film ini menghadirkan tokoh bernama Sudarno sebagai seorang yang menjalankan konsep Eco-Spiritual dalam proses menemukan jati dirinya. Kemudian melahirkan tiga pedoman hidup yaitu Mukhlis, Ikhlas dan Nriman. Sudarno adalah seorang aktivis lingkungan, kepala rumah tangga dan menusia yang telah menemukan jati dirinya terhadap lingkungan. Menjadi manusia spiritual-ecology merupakan langkah sederhana Darno yang diharapkan dapat memelankan dampak krisis lingkungan.

Devi Marlinda.

The Break Boy (2022)

Film fiksi The Break Boy menceritakan Vian (8) seorang anak laki-laki yang suka dan mencinta tarian Breaking. Vian bertemu dengan Mas Ndon (25) merupakan pemimpin tim YDMC. Mas Ndon mengajak Vian menjadi salah satu anggota di tim Breakingnya, YDMC. Vian dan YDMC sudah seperti keluarga yang saling mendukung satu sama lain. Vian senang dan cukup puas dengan YDMC karena Vian menjadi penari Breaking yang berbakat. Namun Vian merasa kurang berkembang dan hanya mendapat juara 2 dan 3 tidak pernah mendapatkan juara 1. Kemudia ada Kak Arun (27) senior Breaking yang mengenal Vian dan mengajak Vian masuk kedalam tim Breakingnya. 0274 Breaker adalah tim senior dan terkenal di Yogyakarta. Vian yang masih kecil dan polos mau bergabung dengan 0274 Breaker dengan alasan Vian mau berkembang menjadi lebih baik dalam tarian Breaking. Pada akhirnya Vian bergabung dengan 0274 Breaker, namun Vian tidak memberitahu tim lamanya YDMC. Masalah pun hadir ketika kedua tim bertemu di sebuah pertandingan Breaking. Vian berada di tim 0274 Breaker melawan tim lamanya YDMC. Pada pertandingan itu Vian dan 0274 Breaker mengalami kekalahan. Hal itu membuat Vian sedih. Masalah yang lain datang ketika Vian mengalami cidera pada tangannya. Vian harus beristirahat beberapa minggu untuk menyembuhkan cideranya. Sedangkan perlombaan besar sudah menanti Vian dan 0274 Breaker. Dengan segala cara Vian berlatih dan mempersiapkan dirinya untuk pertandingan besar itu. Pertandingan besar pun datang, Vian dan 0274 Breaker sudah siap menghadapi lawan-lawan dari berbagai kota. Vian dan 0274 Breaker mewakili kota Yogyakarta bertanding di Kejuaraan Nasional. Hasil yang diraih tidak sesuai ekspektasi, 0274 Breaker hanya mendapatkan runner up. Hal yang diluar dugaan adalah Vian menjadi The Best Player dalam pertandingan itu. Terakhir pada cerita ini, Vian dan 0274 Breaker berkumpul untuk merayakan hasil yang mereka raih. Tiba-tiba Mas Ndon datang ke acara itu. Vian meminta maaf kepada Mas Ndon dan mereka merayakan kegembiraan itu dilanjutkan dengan menari bersama.

Nur Oktavian.

Wildlife Rescue (2021)

“Wildlife Rescue” adalah program dokumenter televisi dengan gaya Expository berdurasi 24 menit dengan 3 segmen yang akan mengulas dan menyajikan fakta tentang peran penting salah satu lembaga konservasi satwa bernama Wildlife Rescue Centre Jogja dalam merehabilitasi satwa. Upaya-upaya dalam merawat satwa ditengah permasalahan dan sulitnya pendanaan akibat pandemi Covid-19. Hingga pada akhirnya bisa melakukan translokasi dan pelepasliaran satwa.

Eka Prasasti Aprilianti.

Rahhina (2022)

“Hei Yudhistira , apa hak mu mempertaruhkanku di perjudian ini?” Martabatku terjungkal dalam kubangan lumpur, aku bersumpah tidak akan menggelung rambutku sebelum keramas darah Dursasana!. Aku Drupadi, Aku hanya menuntut hakku, martabat dan derajatku sebagai perempuan. Dan pada waktunya darah hina itu, akan kuguyurkan pada sekujur tubuhku. Mengeramasi rambutku yang panjang terurai, rambut Drupadi.

Pius Rino Pungkiawan dan Arjuni Prasetyorini.

Terpisah Enam Kaki (2022)

Pada awal tahun 2020 muncul wabah covid 19 yang membuat banyak orang terjangkit virus covid 19 dan harus melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan virus tersebut pada orang lain. Seorang wanita harus terpisah dari pasangannya karena isolasi mandiri yang dijalaninya selama 14 hari di dalam kamarnya. Mereka berjuang bersama untuk melewati masa isolasi dengan  selalu menjaga jarak.

Antonius Janu Haryono

Chatra Svara Song Song Sing Song (2022)

Always You (2022)

Identity (2020)

Lizst rhapsody

Tak Pernah Mudah (2021)

Orderan Janda (2021)

Model Lama

Layar Kata (2022)

Video ekranisasi dari cerpen yang berjudul “1 Menit Sebelum Jam 12 Malam”, berkisah tentang Trimah seorang perempuan yang mengalami kekerasan dari kecil hingga dewasa. Ibunya berusaha menyelamatkan Trimah dengan menitipkannya pada keluarga lain. Tetapi malah berakhir dengan paksaan untuk menikah dan aborsi. Tidak tahan dengan kekerasan yang dialaminya, Akhirnya Trimah memutuskan untuk mencari kebenarannya sendiri.

Endang Mulyaningsih dan Dyah Arum Retnowati

Unstable Town (2022)

Berkaca Pada Lukisan Kaca Kusdono Rastika